Koen Bouwman membuat kejutan di Etape 7 Giro d'Italia 2022. Pembalap Jumbo-Visma itu berhasil memenangi tahapan ini, Jumat (13/5). Ini adalah kemenangan kedua sekaligus yang terbesar dalam karier rider asal Belanda tersebut.

Tahapan ini berlangsung di rute sepanjang 196 kilometer. Para pembalap melaju dari Diamante menuju Potenza. Monte Sirino menjadi tantangan utama di etape ini. Itu adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 27,6 kilometer dengan gradien rata-rata empat persen.

Berbagai upaya breakaway telah dilakukan sejak bendera start dikibarkan. Termasuk usaha Mathieu van der Poel bersama enam pembalap lainnya di 20 kilometer sejak titik awal. Tapi dengan cepat mereka tertangkap oleh rombongan besar.

Setelah itu, sejumlah pembalap macam Tom Dumoulin (Jumbo-Visma), Koen Bouwman (Jumbo-Visma), Wout Poels (Bahrain Vicrorious), Bauke Mollema (Trek-Segafredo), dan Davide Formolo (UAE Team Emirates) berhasil melepaskan diri dari peloton di sisa 120 kilometer.

Komposisi pembalap terdepan mengerucut menjadi empat orang di 20 kilometer menuju garis akhir. Jumbo-Visma mendominasi dengan Dumoulin dan Bouwman. Keduanya ditemani Mollema dan Formolo. Dumoulin tercecer di sepuluh kilometer terakhir. Menyisakan Bouwman, Mollema, dan Formolo untuk bertarung menjadi pemenang.

Koen Bouwman (kanan) merayakan kemenangannya bersama Tom Dumoulin

Bouwman tancap gas di sisa 300 meter. Ia finis pertama di tahap ini. Pembalap 28 tahun itu menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 5 jam 12 menit 30 detik. Mollema dan Formolo finis kedua dan ketiga dengan gap dua detik. Sementara Dumoulin di posisi empat dengan selisih 19 detik.

"Saya benar-benar tidak mempercayainya. Seperti kemenangan pertama saya di Dauphiné, saya benar-benar tidak percaya bisa menang di Giro. Etape ini memang berat. Pada akhirnya hanya empat orang di depan. Saya sangat percaya diri di sprint terakhir. Jadi saya sangat senang dengan kemenangan ini," ungkap Bouwman.

Bouwman telah menjadi bagian Jumbo-Visma sejak 2015. Hanya saja, climber 28 tahun ini tidak pernah menjadi pemimpin di tim yang terdaftar di Belanda itu. Tak heran jika Bouwman jarang naik podium. Ia cuma mencatat dua kemenangan sepanjang kariernya.

Bouwman kali pertama menang di Etape 3 Critérium du Dauphiné 2017. Selang lima tahun, Bouwman berhasil menjadi yang tercepat di Etape 7 Giro 2022.

Sementara itu, hasil Etape 7 tidak mengubah posisi Juan Pedro Lopez di General Classification (GC). Pembalap tim Trek-Segafredo itu masih bertengger di puncak klasemen overall. Ia berhasil mempertahankan maglia rosa (jersey pink) di lomba terbesar di Negeri Pisa itu.

Selanjutnya, Etape 8 akan berlangsung di Napoli. Menyuguhkan rute sepanjang 153 kilometer. Tahapan ini akan menjadi santapan empuk para sprinter. Sebab medannya datar dari start hingga finis. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Koen Bouwman (Belanda), Jumbo-Visma 5 jam 12 menit 30 detik
2. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +2
3. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +2
4. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +19
5. Davide Villella (Italia), Cofidis +2:25
6. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +2:59
7. Vincenzo Albanese (Italia), EOLO-Kometa +2:59
8. João Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +2:59
9. Alejandro Valverde (Movistar) +2:59
10. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +2:59

General Classification usai 7 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo 28 jam 39 menit 5 detik
2. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +38
3. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:02
4. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:42
5. Mauri Vansevenant (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +1:51
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:58
7. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:59
8. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious + 2:00
9. Romain Bardet (Prancis) Team DSM +2:06
10. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +2:06

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 84

Foto: Getty Images


COMMENTS