Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) terkudeta dari puncak General Classification (GC). Pembalap asal Belanda itu lengser usai tercecer di Etape 4, Selasa (10/5). Tahapan ini berhasil dimenangkan Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe). Sementara maglia rosa direbut Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo).

Van der Poel menguasai maglia rosa di tiga etape pertama Giro 2022. Rider asal Belanda inilah yang membawa jersey pink dari Hungaria ke Italia. Akan tetapi, Gunung Etna merontokkan kesaktian jagoan cyclocross itu. Van der Poel tercecer di peringkat 97. Ia terjungkal dari puncak klasemen overall dan turun ke posisi 91.

Gunung Etna menjadi menu utama di Etape 4 sekaligus salah satu tanjakan paling berat di pekan pertama Giro 22. Peloton harus melahap rute sepanjang 172 kilometer di mana mereka start dari Avola. Para pembalap harus menaklukkan tanjakan Etna sepanjang 22,9 kilometer dengan gradien rata-rata enam persen.

Pembalap asal Jerman, Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) menjadi yang tercepat di tanjakan ini. Ia mencatat waktu 4 jam 32 menit 11 detik. Kamna memaksa Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo) finis kedua setelah menang duel di Etna. Posisi ketiga dihuni Rein Taaramae (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) dengan gap 34 detik.

"Ini adalah hari yang sangat berat. Utamanya di tanjakan terakhir. Benar-benar tanjakan yang panjang dan sulit," aku Kamna selepas lomba.

Ini adalah kemenangan perdananya di Giro d'Italia, sekaligus yang kedua di level Grand Tour. Kemenangan yang sangat spesial karena pembalap 25 tahun tersebut baru kali pertama turun di balapan paling akbar di Negeri Pisa tersebut.

"Saya sangat senang lantaran sudah mengantongi kemenangan etape di Giro. Bagi tim kami, sangat bagus untuk memiliki kemenangan di awal Giro. Sebab itu akan mengurangi banyak tekanan. Saya pikir bagi kami semuanya berjalan dan benar," terangnya.

Sementara itu, Juan Pedro Lopez sedikit kecewa karena gagal mendapatkan kemenangan pertamanya di ajang profesional. Meski demikian, pembalap asal Spanyol bersyukur karena melesat ke puncak GC sekaligus merebut maglia rosa dari Van der Poel.

"Saya sangat senang bisa mendapatkan maglia rosa. Saya tidak percaya momen ini terjadi di kehidupan saya. Saya tidak tahu berapa lama saya akan mengenakannya. Oleh sebab itu, saya harus menikmati setiap momen mengenakan jersey ini," bilang pembalap 24 tahun ini.

Setelah nanjak ke Etna, peloton akan start dari Catania di Etape 5, Rabu (11/5). Para pembalap akan bergerak ke Messina dengan total jarak 174 kilometer. Portella Mandrazzi menjadi rintangan terberat. Tanjakan Kategori 2 ini memiliki gradien rata-rata empat persen dengan panjang 19,5 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe 4 jam 32 menit 11 detik
2. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo +0
3. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +34
4. Sylvain Moniquet (Belgia), Lotto Soudal +2:12
5. Mauri Vansevenant (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +2:12
6. Gijs Leemreize (Belanda) Jumbo-Visma +2:31
7. Richard Carapaz (Ekuador) Ineos Grenadiers +2:37
8. Romain Bardet (Prancis) Team DSM    +2:37
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +2:37
10. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates     +2:37

General Classification usai 4 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo 14 jam 17 menit 7 detik
2. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +39
3. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +58
4. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:42
5. Mauri Vansevenant (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +1:47
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:55
7. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious + 2:00
8. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +2:00
9. Richie Porte (Australia) Ineos Grenadiers +2:04
10. Romain Bardet (Prancis) Team DSM +2:06

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Getty Images


COMMENTS