Harapan 2. Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) untuk meraih dua kemenangan beruntun di Giro d'Italia 2022 gagal terwujud. Pembalap asal Belanda ini dikalahkan Simon Yates dalam balapan time trial di Budapest, Sabtu (7/5). Meski demikian, Van der Poel masih berhak atas maglia rosa (jersey pink).

Etape 2 menyajikan balapan Individual Time Trial (ITT) di Budapest. Panjang rutenya 9,2 kilometer. Pembalap harus nanjak sejauh 1,3 kilometer dengan gradien rata-rata 4,7 persen untuk mencapai garis finis.

Yates yang notabene bukan time trialist, berhasil membuat kejutan di tahapan ini. Pembalap tim BikeExchange-Jayco itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 11 menit 50 detik. Van der Poel finis kedua dengan gap tiga detik. Sementara tempat ketiga dihuni Tom Dumoulin (Jumbo-Visma) dengan selisih lima detik.

Yates terkejut dengan performanya di Budapest. Pembalap 29 tahun tersebut tidak menyangka bisa mencatat waktu terbaik. "Tentu saja saya sangat senang. Saya hanya mencoba untuk melaju secepat mungkin," ungkap Yates dalam wawancara selepas lomba.

Simon Yates cuma dua kali menang ITT sepanjang karier profesionalnya

Dalam sejarahnya, saudara kembar Adam Yates (Ineos Grenadiers) ini cuma dua kali menang time trial. Sebelum berjaya di Etape 2 Giro 2022, ia menang ITT di Etape 5 Paris-Nice 2019. Oleh sebab itu, tak mengherankan bila Yates terkejut atas pencapaiannya di Negeri Pisa.

"Tentu saja kami akan merayakannya kemenangan  ini. Salah satu dari dua lomba time trial yang pernah saya menangkan. Sekaligus kemenangan time trial pertama saya di Grand Tour. Itu membuat kami lebih percaya diri," jelas juara overall La Vuelta a Espana 2018 ini.

Sementara itu, Van der Poel nyaris back-to-back menang di Giro tahun ini. Sayang, ia dipaksa finis kedua oleh Yates dalam lomba ITT. "Saya pikir telah melakukan time trial yang sangat bagus. Sebab perbedaan waktu antara pemenang dan posisi kedua cukup dekat," ungkap Van der Poel usai balapan.

Kabar baiknya, hasil Etape 2 tidak mengusik posisi Van der Poel di General Classification (GC). Rider 27 tahun ini masih mantap di posisi puncak. Ia terpaut sebelas detik dari Yates yang melesat ke posisi kedua. Sementara Dumoulin naik ke peringkat ketiga dengan selisih 16 detik.


Mathieu van der Poel bertahan di puncak GC dan berhak atas maglia rosa

"Saya bersyukur karena mendapat satu hari ekstra di balapan untuk mengenakan maglia rosa. Itu sudah cukup untuk membuat saya senang," terang jagoan cyclocross ini.

Selanjutnya, Etape 3 akan menjadi hari terakhir Giro d'Italia 2022 di Hungaria. Balapan dimulai dari Kaposvar menuju Balatonfüred. Panjang rutenya 201 kilometer. Tahapan ini akan menjadi santapan empuk para sprinter. Sebab medannya benar-benar flat. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco 11 menit 50 detik
2. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +3
3. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +5
4. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +13
5. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +13
6. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +17
7. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +17
8. Lennard Kämna (Jerman), Bora-Hansgrohe +17
9. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +18
10. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +18

General Classification usai 2 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 47 menit 11 detk
2. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +11
3. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +16
4. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +24
5. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +24
6. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +24
7. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +28
8. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +28
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +29
10. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +29

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Getty Images, RCS Sport


COMMENTS