Hayter Menang, Celaka, lalu Menang Lagi


Ethan Hayter tampil luar biasa di Tour de Romandie 2022. Pembalap asal Inggris tersebut memenangi Etape 2, Kamis (28/4) malam. Ini adalah kemenangan kedua Hayter di balapan tersebut. Sebelumnya, rider 23 tahun tersebut berjaya di Prologue, Selasa (26/4) kemarin.

Setelah menang di Prologue, Hayter ketiban sial di Etape 1, Rabu (27/4) kemarin. Kecelakaan di 15 kilometer terakhir dan membuatnya finis paling buncit, di peringkat 135. Terpaut lebih dari 14 menit dari Dylan Teuns (Bahrain Victorious) yang memenangi tahapapan ini.

Hasil minor tersebut dibayar lunas di Etape 2. Tahapan ini berlangsung di rute sepanjang di 168,2 kilometer di Échallens. Hayter naik podium setelah menang sprint atas Jon Aberasturi (Trek-Segafredo) dan Fernando Gaviria (UEA Team Emirates).

"Kami tahu bahwa meraih kemenangan etape bukan hal mustahil. Hanya saja sedikit sulit setelah kecelakaan kemarin. Terima kasih untuk tim yang bekerja sangat baik di etape ini. Kami berhasil menyelesaikannya dengan kemenangan yang luar biasa," ucap Hayter dalam laman resmi Ineos Grenadiers.

Balapan dibuka dengan aksi empat pembalap breakaway. Keempatnya adalah Diego López (Equipo Kern Pharma), Nils Brun (Swiss Cycling), Toms Skujins (Trek-Segafredo), dan Baptiste Planckaert (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux).

Jumbo-Visma memimpin pengejaran sepanjang hari dan berhasil menangkap grup breakaway di sisa 20 kilometer. Kemudian para sprinter mulai beradu cepat di kilometer terakhir. Hayter mengakhiri kiprahnya dengan sempurna. Ia mengalahkan Aberasturi dan Gaviria di Échallens.

"Saya benar-benar beruntung kemarin. Saya jatuh, tetapi tidak mengalami masalah serius. Saya pulih dengan baik sebelum sprint," bilang Hayter.

Hasil Etape 2 tidak banyak mengubah struktur pembalap di sepuluh besar klasemen General Classification (GC). Rohan Dennis (Jumbo-Visma) tetap berada di puncak. Time trialist Australia itu dibuntuti Felix Grossschartner (Bora-Hansgrohe) dan Geraint Thomas (Ineos Grenadiers). Mereka hanya terpaut 14 detik.

"Ada akselerasi besar di lintasan di dua pendakian terakhir. Kami tetap bersama tim di sekitar Rohan hingga kilometer terakhir. Bagi kami, etape ini berjalan dengan baik. Saya telah melihat tim yang kuat," bilang Directeur Sportif Jumbo-Visma Merijn Zeeman.

Selanjutnya, Etape 3 akan membawa pembalap akan membawa para pembalap melintasi medan sepanjang 165,1 kilometer di Valbroye. Lima tanjakan Kategori 3 akan menjadi santapan utama di tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de Romandie 2022 (Top Ten)
1. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers 4 jam 4 menit 55 detik
2. Jon Aberasturi (Spanyol) Trek-Segafredo +0
3. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +0
5. Sean Quinn (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +0
6. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux    +0
7. Nikias Arndt (Jerman), Team DSM +0
8. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +0
9. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +0
10. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +0

General Classification usai 2 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma 8 jam 34 menit 43 detik
2. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +14
3. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +18
4. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +18
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +18    
6. Mikkel Honoré (Denmark), QuickStep Alpha Vinyl +18
7. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel-Premier Tech +20
8. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +21
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +23
10. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +24

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Getty Images, Cor Vos


COMMENTS