Fabian Cancellara punya 'mainan' baru. Mantan pembalap berjuluk Spartacus ini mengambil alih Swiss Racing Academy yang saat ini balapan di level Continental. Kemudian mengubahnya menjadi Tudor Pro Cycling Team. Tim ini akan berlaga di ProTeam mulai musim 2023.

Konsep tim baru Cancellara ini diumumkan beberapa jam sebelum dimulainya Tour de Romandie 2022. Dalam wawancara dengan Cyclingnews, pria 41 tahun tersebut lega karena Swiss akhirnya memiliki wakil di level tinggi di arena balap sepeda.

Maklum, sejak tim BMC Racing menjadi tim CCC pada 2019, tidak ada lagi wakil Swiss di peloton WorldTour dan ProTeam. Bagi Cancellara, ini merupakan kerugian besar untuk iklim balap sepeda Swiss. Padahal negara ini menelurkan pembalap top seperti Marc Hirschi.

"Swiss perlu memiliki tim bersepeda. Terutama dengan semua keberhasilan terbaru selama beberapa tahun terakhir. Semua kemajuan yang telah dilakukan Federasi Balap Sepeda Swiss dan seluruh sistem secara umum," bilang Cancellara.

Melalui Tudor Pro Cycling Team, Cancellara ingin merebut gengsi balap sepeda Swiss di level atas. Tujuan terbesarnya adalah berkiprah di WorldTour. Akan tetapi, Cancellara menegaskan bahwa timnya tidak akan mengejar slot wild card.

Mereka akan berjuang untuk menduduki ranking teratas di ProTeam. Perlu diketahi, peringkat terbaik di level ini mendapatkan undangan otomatis ke Grand Tours dan WorldTour Classics. Mereka tidak perlu berebut slot jalur undangan.

Cancellara menegaskan bahwa ia akan menjadi pemilik tim. Ia tidak akan mengemban tugas sebagai pelatih atau Directeur sportif. "Pengalaman saya beberapa tahun terakhir, dengan perusahaan dan juga dengan mentoring di Swiss Racing Academy, menunjukkan bahwa ini adalah peran yang sesuai dengan saya," tegasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Tudor Pro Cycling Team


COMMENTS