Van Aert akan Turun di Paris-Roubaix 2022


Jumbo-Visma membuat keputusan mengejutkan. Tim asal Belanda ini menyantumkan nama Wout van Aert dalam skuad yang akan turun di Paris-Roubaix, Minggu (17/4) nanti. Padahal pembalap asal Belgai tersebut baru saja terpapar Covid-19.

Rider 27 tahun ini dinyatakan positif Covid-19 dalam tes PCR sebelum Tour of Flanders 2022 pada 3 April lalu. Akibatnya, Van Aert terpaksa absen dalam one day race terbesar di Belgia tersebut. Tak hanya itu saja, ia juga harus diisolasi selama beberapa waktu.

Setelah dinyatakan pulih, Van Aert mulai berlatih di ketinggian di Spanyol. Berbagai sumber menyebut bahwa Van Aert dilarang mengunggah hasil latihannya ke Strava. Agar tidak menimbulkan spekulasi liar di media maupun pecinta balap sepeda.

Directeur Sportif Jumbo-Visma Merijn Zeeman menjelaskan, sebenarnya ia ingin Van Aert tampil di Flanders dan Paris-Roubaix pada musim ini. Hanya saja niat ini tidak terwujud karena Van Aert terpapar Covid. "Oleh karena itu Wout hanya akan muncul di Roubaix," kata Zeeman.

Sebelum memastikan Van Aert comeback di Paris-Roubaix, Zeeman menjelaskan bahwa tim Jumbo-Visma telah berkonsultasi dengan dokter tim. Hasilnya, Van Aert memang sudah pulih, tapi belum sepenuhnya kembali ke performa terbaik. Van Aert dalam persiapan yang kurang ideal untuk Paris-Roubaix 2022.

Sebagai gantinya, Van Aert diharapkan mengambil peran untuk menyukseskan pembalap Jumbo-Visma lainnya. Rencananya, tim ini juga diperkuat Edoardo Affini, Timo Roosen, Mick van Dijke, Nathan van Hooydonck, Mike Teunissen, dan Christophe Laporte.

"Pebalap seperti Wout masih bisa berperan dalam mendukung Christophe Laporte, Mike Teunissen, atau Nathan Van Hooydonck. Ia harus bisa melakukan sesuatu di sana," harap Zeeman.

Paris-Roubaix 2022 akan menempuh total jarak 257,2 kilometer. Start dari Compiègne menuju Roubaix. Selain Van Aert, pembalap top lain yang akan berpartisipasi di ajang ini adalah Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix), Matej Mohoric (Bahrain Victorious), dan Kasper Asgreen (QuickStep Alpha Vinyl). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 81

Foto: Getty Images


COMMENTS