Berlin Segera Bangun Jalan Tol Sepeda


Pemerintah Berlin baru saja mengumumkan proyek infrastruktur transportasi yang disebut bakal memanjakan pelaku olahraga bersepeda di sana. Berlin segera membangun jalan tol sepeda sepanjang 38 kilometer. Proyek ini akan dimulai 2023 mendatang.

Sepeda telah menjadi alat transporasi pilihan masyarakat di ibu kota Jerman itu. Menurut hasil survei pada 2018 lalu, sekitar 30 persen warga Berlin menggunakan sepeda untuk bepergian. Jumlah ini diperkirakan meningkat seiring dengan booming sepeda selama pandemi.

Fakta ini membuat pemerintah Berlin kian mantap untuk menyediakan fasilitas pendukung untuk pesepeda. Salah satunya jalan tol khusus sepeda. Rutenya akan membentang dari tepi timur ke ujung barat. Serta melewati pusat kota Berlin. Jalan ini diperkirakan bisa diakses oleh 513.000 penduduk.

Pemerintah Berlin menyatakan, jalur tol sepeda ini akan melewati enam distrik kota, yakni Marzahn-Hellersdorf, Lichtenberg, Friedrichshain-Kreuzberg, Mitte, Charlottenburg-Wilmersdorf, dan Spandau. Jika kecepatan rata-rata 15 km/jam, maka seluruh rute dapat ditempuh dalam dua setengah jam.

Selain Berlin, jalan tol bersepeda yang menghubungkan Hamburg dan Lüneburg dibangun mulai tahun ini. Panjangnya tak main-main, 300 kilometer. Proyek yang memakan dana sekitar 8,6 juta euro ini diperkirakan rampung pada 2026 mendatang. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Getty Images


COMMENTS