Dramatis, Kwiatkowski Menang Photo Finish!


Amstel Gold Race 2022 berakhir dramatis. Dua pembalap, Michal Kwiatkowski (Ineos Grenadiers) dan Benoit Cosnefroy (AG2R Citroen), saling beradu sprint menuju garis finis. Selisihnya sangat tipis. Hingga ditentukan dengan photo finish.

Balapan ini berlangsung di medan sepanjang 254,1 kilometer. Peloton melaju dari Maastricht menuju Valkenburg. Selain rute yang panjang, lebih dari 20 tanjakan pandek namun curam menjadi santapan utama di Amstel Gold Race tahun ini.

Kwiatkowski dan Cosnefroy membentuk grup kecil, kemudian memimpin balapan sejak 20 kilometer menuju finis. Gap dengan grup pengejar sebenarnya makin tipis. Akan tetapi, kedua pembalap tersebut berhasil menjaga jarak dengan baik.

Mereka lantas beradu sprint di sisa 200 meter. Hasilnya sangat tipis karena Kwiatkowski dan Cosnefroy nyaris bersamaan melalui garis finis. Butuh waktu bagi juri untuk menentukan siapa pemenang etape ini. Photo finish menjadi jawabannya.

Kwiatkowski dinyatakan sebagai juara setelah menang photo finish

Cosnefroy sempat bergembira bersama rekannya. Sebab ia merasa sebagai pemenang. Namun ia langsung terdiam setelah juri mengumumkan bahwa Kwiatkowski lah pemenangnya. Keduanya menyelesaikan balapan ini dengan catatan waktu 6 jam 1 menit 19 detik. Tiesj Benoot (Jumbo-Visma) berhasil finis ketiga.

"Itu sangat sulit. Finis dengan sprint yang sulit. Saya sangat percaya diri bisa memenanginya. Tapi pada saat yang sama semuanya begitu sulit di 50 meter terakhir, ketika Cosnefroy masih berakselerasi ketika saya berada di sampingnya," ujar Kwiatkowski selepas lomba.

Kwiatkowski sempat bingung dan sedih karena merasa gagal memenangi Amstel Gold Race 2022. Apalagi kubu Cosnefroy sudah berselebrasi dan merasa sebagai juara. Perasaannya berubah menjadi gembira saat dinyatakan menang photo finish.

"Luar biasa. Setelah semua momen buruk musim ini yang saya alami dengan Covid, flu, dan sakit karena tidak bisa mengikuti program balapan saya. Sekarang saya di sini sebagai pemenang Amstel Gold Race. Sungguh luar biasa," ucap juara dunia 2014 itu.

Ini adalah kemenangan kedua Kwiatkowski di Amstel Gold Race. Sebelumnya, pembalap asal Polandia ini menang pada 2015 silam. Selain itu, juara di Amstel Gold Race 2022 menjadi kemenangan pertamanya selama hampir dua tahun. Ia kali terakhir naik podim di Etape 18 Tour de France 2020.

"Saya pikir telah membuktikan pada diri sendiri untuk bersabar. Cepat atau lambat kemenangan akan datang," bilang Kwiatkowski.

Cosnefroy ditenangkan Direktur tim AG2R Citroen saat naik podium

Sementara itu, Cosnefroy begitu kecewa karena harus mengakhiri balapan ini di posisi kedua. Selebrasi yang sempat dilakukan bersama rekan-rekannya setelah finis, berubah menjadi duka ketika Kwiatkowski dinyatakan sebagai pemenang.

"Ketika saya melewati finis, saya tidak benar-benar tahu siapa pemenangnya. Setelah beberapa menit, mereka memberi tahu bahwa saya telah diumumkan secara resmi sebagai pemenang. Jadi ada sebuah kegembiraan yang menyertainya. Kemudian saya naik ke podium dan mereka memberi tahu bahwa saya yang kedua," ungkapnya. (mainsepeda)

Hasil Amstel Gold Race 2022 (Top Ten)
1. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers 6 jam 1 menit 19 detik
2. Benoit Cosnefroy (Prancis), AG2R Citroen +0
3. Tiesj Benoot (Belgia), Jumbo-Visma +10
4. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +20
5. Alexander Kamp (Denmark), Trek-Segafredo +20
6. Kasper Asgreen (Denmark), QuickStep Alpha Vinyl +20
7. Michael Matthews (Australia), BikeExchange-Jayco +20
8. Stefan Kung (Swiss) Groupama-FDJ +20
9. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +20
10. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +20

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Getty Images


COMMENTS