Martinez Juara Overall, Evenepoel dan Roglic Gagal Podium


Bukan Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) apalagi Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Gelar juara overall di Tour of the Basque Country 2022 menjadi milik Daniel Martinez. Pembalap asal Kolombia ini memberi kemenangan GC pertama bagi Ineos Grenadiers musim ini.

Penentuan pemenang di Tour of the Basque Country 2022 terjadi di Etape 6, Sabtu (9/4). Martinez memulai tahapan ini dengan menduduki ranking kedua di General Classification (GC) selepas Etape 5. Ia terpaut dua detik dari Evenepol. Gap yang sangat tipis itu membuat peluang juaranya terbuka lebar.

Martinez menuntaskan balapan sepanjang 135,7 kilometer ini dengan sempurna. Ia memang tidak menjadi juara etape. Posisi pertama disabet Ion Izagirre (Cofidis). Pembalap kawakan asal Spanyol tersebut menyelesaikan lomba ini dengan catatan waktu 3 jam 47 menit 7 detik.

Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) finis kedua, Marc Soler (UAE Team Emirates) ketiga, dan Martinez di tempat keempat. Keempat pembalap itu finis dengan catatan waktu yang sama. Sementara Evenepoel tersisih di posisi tujuh. Rider 22 tahun ini terpaut gap 24 detik dari Izagirre.

Ion Izagirre  finis pertama di Etape 6 Tour of the Basque Country 2022

Hasil lomba di etape pemungkas cukup untuk memastikan Martinez sebagai pemenang keseluruhan. Ia juga sukses mendepak Evenepoel dari tiga besar GC. Pembalap asal Belgia ini finis keempat. Sedangkan Roglic yang menguasai jersey kuning selama empat etape, berakhir di peringkat delapan.

Keberhasilan Martinez begitu berharga untuk Ineos Grenadiers. Sebab, inilah gelar kemenangan overall pertama mereka di WorldTour pada musim ini. Serta kemenangan GC pertama selama hampir setahun. Mereka kali terakhir juara overall di Tour de Suisse 2021  lewat Richard Carapaz.

Sementara itu, Evenepoel menyesali kegagalannya menjuarai Tour of the Basque Country 2022. Kemenangan yang sudah di depan mata, harus melayang akibat performa kurang mengesankan di Etape 6. Ia finis ketujuh di tahapan ini. Tak hanya gagal juara, Evenepoel juga terpental dari tiga besar GC.

"Sayang sekali saya harus melewatkan podium karena selisih beberapa detik. Saya ingin menguji diri saya sendiri melawan para jagoan besar di balapan ini. Saya pikir telah melakukannya dengan sangat baik," katanya kepada Sporza selepas lomba.

Evenepoel bukan satu-satunya pembalap yang kecewa karena gagal juara. Perasaan serupa juga menyelimuti Roglic. Sebagai pemenang edisi 2021, Roglic menjadi unggulan utama musim ini. Sayang, harapan itu buyar lantaran ia terseok-seok di Etape 5 kemarin.

Roglic juga tidak mampu bersaing dengan para pembalap unggulan di etape pemungkas. Ia cuma finis kesebelas di tahapan ini. Hasil itu mengantarkannya berakhir di peringkat kedelapan di GC. Terpaut lebih dari tiga menit dari Martinez.

"Saya tidak cukup baik untuk mengikuti yang terbaik. Beberapa hari ini berat. Saya telah memberikan segalanya minggu lalu," aku Roglic dalam laman resmi Jumbo-Visma. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour of the Basque Country 2022 (Top Ten)
1. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis 3 jam 47 menit 7 detik
2. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +0
3. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +0
4. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +0
5. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +3
6. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +13
7. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +24
8. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo +52
9. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +1:29
10. Felix Gall (Austria), AG2R Citroen +1:41

Final General Classification (Top Ten)
1. Daniel Martinez P(Kolombia), Ineos Grenadiers 21 jam 59 menit 36 detik
2. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +11
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +16
4. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +21
5. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +32
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +32
7. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +1:26
8. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +3:18
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:55
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-EasyPost +5:03

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS