Van Aert Terancam Absen di Paris-Roubaix 2022


Wout van Aert masih menjalani isolasi setelah dinyatakan positif Covid-19. Pembalap termahal tim Jumbo-Visma itu terancam melewatkan Paris-Roubaix pada pekan depan. Van Aert disarankan tidak gegabah untuk beraksi kembali setelah pulih dari Covid-19.

Van Aert mengumumkan pada Jumat (1/4) lalu bahwa ia melewatkan Tour of Flanders 2022. Sebab, berdasarkan hasil tes PCR pada Kamis (31/3), ia diketahui positif Covid-19. Pembalap 27 tahun itu wajib menjalani isolasi. Berdasarkan protokol Covid-19 di Belgia, Van Aert setidaknya harus diisolasi selama satu pekan.

Jumbo-Visma memilih menunggu hingga Van Aert bugar. Kemudian mereka mengevakuasi langkah selanjutnya. Termasuk kemungkinan dilakukan tes medis serta tes fisiologis untuk melihat efek yang ditimbulkan setelah terjangkit Covid-19. Setelah semuanya clear, baru ia balapan lagi.

"Kami akan melakukan beberapa tes medis ketika ia merasa fit lagi. Jika itu bagus, maka kami akan melakukan tahap terakhir. Kami akan melihat apakah masuk akal dari segi performa jika ia balapan lagi," jelas tim yang terdaftar di Belanda itu.

Comeback Van Aert setelah pulih dari Covid-19 menjadi perdebatan di Belgia. Para ahli kesehatan di sana memiliki sejumlah pandangan berbeda tentang waktu yang tepat bagi Van Aert untuk balapan lagi. Juga tentang peluang sang superstar tampil di Paris-Roubaix 2022.

"Salah satu keuntungannya adalah Wout hanya memiliki gejala ringan. Luangkan waktu untuk pulih. Saring bagaimana latihan pertama berjalan, bangun perlahan, dan baru kemudian melanjutkan kompetisi," pesan Tom Tueglinkx, staf medis Federasi Balap Sepeda Belgia. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Getty Images


COMMENTS