Bagioli Menang Sprint, Higuita Juara Overall


Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe) berhasil mempertahankan posisinya di puncak General Classification (GC). Rider asal Kolombia tersebut menjadi juara overall di Volta a Catalunya 2022. Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) dan Joao Almeida (UAE Team Emirates) finis di peringkat kedua dan ketiga.

Higuita melesat ke puncak klasemen overall setelah finis kedua di Etape 6 Volta a Catalunya 2022, Sabtu (26/3) kemarin. Pembalap 24 tahun itu berhasil mempertahankan posisinya di puncak GC hingga berakhirnya Etape 7, Minggu (27/3) malam waktu Indonesia.

"Kemenangan ini begitu berarti untuk saya. Sebab ini adalah kemenangan pertama saya di ajang WorldTour," ungkap Higuita seusai balapan.

Juara nasional Kolombia itu menjalani debut di WorldTour pada 2019 silam. Ketika itu ia masih membela panji EF Education First. Setelah tiga musim bersama tim asal Amerika Serikat itu, Higuita memutuskan pindah ke skuad Bora-Hansgrohe. Ia dikontrak tiga musim. Berlaku mulai 2022 hingga penghujung 20024.

Higuita tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan skuad yang teregistrasi di Jerman tersebut. Ia memenangi Etape 5 Volta ao Algarve 2022. Kemudian menjadi juara overall di Volta a Catalunya. Selain itu, ia juga menguasai mountains classification dan youth classification.

"Bukan awal yang paling mudah untuk musim ini. Sebab saya mengalami beberapa kemunduran. Akan tetapi, saya terus percaya pada diri saya sendiri. Tim mendukung saya sepanjang waktu. Kami menjalani minggu yang baik di sini. Kemenangan ini kepercayaan diri kami untuk balapan berikutnya," jabarnya.

Sementara itu, etape pemungkas Volta a Catalunya menjadi milik Andrea Bagioli (QuickStep Alpha Vinyl). Etape ini menyuguhkan medan sepanjang 138,6 kilometer. Berakhir dengan adu kecepatan para sprinter di Barcelona. Hasilnya, Bagioli berhasil finis pertama.

Pembalap asal Italia itu mencatatkan waktu 3 jam 18 menit 9 detik. Attila Valter (Groupama-FDJ) dan Fernando Barceló Aragon (Caja Rural-Seguros RGA) finis di tempat kedua dan ketiga. Inilah kemenangan pertama Bagioli untuk tim QuickStep Alpha Vinyl pada awal musim ini.

"Kami kehilangan sejumlah rekan satu tim dalam balapan ini karena sakit. Namun berkat kemenangan saya dan Ethan pada Jumat lalu, ternyata ini menjadi akhir pekan yang baik bagi kami," akunya. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Volta a Catalunya 2022 (Top Ten)
1. Andrea Bagioli (Italia), QuickStep Alpha Vinyl 3 jam 18 menit 9 detik
2. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +0
3. Fernando Barceló Aragon (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +0
4. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +0
5. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +0
6. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +0
7. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +0
8. Carlos Verona (Spanyol), Movistar +0
9. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +0
10. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe 29 jam 53 menit 33 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +16
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +52
4. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +53
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:08
6. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +1:10
7. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +1:13
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +1:16
9. Torstein Tren (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +1:27
10. Sam Oomen (Belanda), Jumbo-Visma +1:55

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Getty Images


COMMENTS