O'Connor Mempertegas Dominasi Pembalap Australia


Satu lagi pembalap asal Australia yang berkibar di Volta a Catalunya 2022. Kali ini giliran Ben O'Connor. Rider tim AG2R Citroen itu menjadi yang tercepat di Etape 3. Tak sekadar menang, pembalap 26 tahun ini juga melesat ke puncak General Classification (GC).

Etape 3 menghadirkan rute menanjak menuju puncak La Molina. Itu adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 12,1 kilometer dengan gradien rata-rata 4,4 persen. Total panjang rutenya 161,1 kilometer. Pembalap bertolak dari Perpignan menuju La Molina.

Mantan climber tim NTT ini menang setelah melancarkan serangan di delapan kilometer pemungkas. Ia berhasil menjangkau Henri Vandenabeele (Team DSM), kemudian meninggalkan pembalap asal Belgia tersebut. O'Connor sukses mencapai puncak La Molina dengan catatan waktu 4 jam 12 menit 51 detik.

Ia mengungguli Juan Ayuso (UAE Team Emirates) dan Nairo Quintana (Arkea-Samsic) dengan gap enam detik. "Setiap tahun saya menetapkan target untuk menang. Jadi saya sangat senang karena mendapatkannya pada awal tahun ini," ungkap O'Connor seusai balapan.

O'Connor menambahkan, kemenangan di Etape 3 ini memang sesuai harapan. Sebab ia merasa dalam performa bagus ketika datang ke Volta a Catalunya 2022. Semakin luar biasa karena O'Connor melakukan solo ride di tiga kilometer pemungkas.

"Saya tidak berharap untuk menjadi solo rider. Saya berharap beberapa orang datang untuk menjangkau. Tetapi pada akhirnya saya hanya harus pergi sendiri dan saya beruntung bisa bertahan hingga finis." terangnya.

Ini adalah kemenangan pertamanya musim ini. Sekaligus yang ketiga di ajang WorldTour. Kemenngan ini semakin menambah kepercayaan diri O'Connor yang dipersiapkan untuk tampil di Tour de France dan La Vuelta a Espana pada tahun ini.

Kemenangan O'Connor mempertegas dominasi pembalap Australia di Volta a Catalunya 2022. Sebelumnya, rider asal Australia lainnya, yakni Michael Matthews finis pertama di Etape 1. Kemudian giliran rekan setim Matthews di tim BikeExchange-Jayco, Kaden Groves berjaya di Etape 2.

Selain menang, O'Connor juga melesat ke puncak klasemen overall, unggul sepuluh detik dari Ayuso. Ia berhak menggunakan jersey pemimpin saat start di Etape 4, Kamis (24/3) besok. Tahapan ini membawa peloton nanjak dari La Seu d'Urgell menuju Boí Taüll. Panjang rutenya 166,7 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Volta a Catalunya 2022 (Top Ten)
1. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen 4 jam 12 menit 51 detik
2. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +6
3. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +6
4. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +6
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +6
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +6
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +6
8. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +6
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +6
10. Damien Howson (Australia), BikeExchange-Jayco +9

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen 12 jam 44 menit 20 detik
2. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +10
3. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +12
4. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +16
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +16
6. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +16
7. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +16
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +16
9. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +16
10. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +19

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Getty Images


COMMENTS