Mulus Tanpa Kecelakaan, Roglic Juara Paris–Nice 2022


Target juara Primoz Roglic di Paris–Nice 2022 berhasil terwujud. Pembalap tim Jumbo-Visma tersebut berhasil mengunci gelar juara overall pada Minggu (13/2) malam waktu Indonesia. Inilah gelar pertama untuk rider asal Slovenia itu pada musim ini.

Roglic memang memiliki ambisi tersendiri di Paris–Nice. Ia kehilangan gelar juara pada edisi tahun lalu usai mengalami dua kecelakaan hebat di etape pemungkas. Sangat tragis mengingat Roglic adalah pembalap terkuat di Paris–Nice 2021.

Tidak hanya itu saja, kecelakaan di Paris–Nice 2021 seolah memicu nasib buruk Roglic ketika berlomba di Prancis pada tahun lalu. Ia terpaksa out dari Tour de France 2021 usai mengalami crash di awal balapan. Kehilangan Roglic membuat Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) seakan bertanding tanpa lawan sepadan.

Nah, musim ini berjalan lebih mulus. Tak ada lagi insiden seperti tahun lalu. Roglic berhasil menuntaskan Paris–Nice 2022 dengan sempurna. Ia menyegel posisi teratas di General Classification (GC) setelah berakhirnya Etape 8. 

"Balapan di rumah sendiri dengan jalan yang sudah sering saya lalui. Namun, itu tidak membuatnya lebih mudah hari ini," kata Roglic selepas lomba. Hasil di Paris–Nice 2022 tahun ini dianggap sesuai harapan. Cukup untuk membayar hutang atas kegagalannya menjuarai ajang ini pada tahun lalu.

"Bagian akhir di etape ini sangat sulit. Tapi saya lebih bahagia daripada tahun lalu. Terima kasih banyak untuk seluruh tim saya, terutama Wout. Ia adalah manusia setengah motor. Ia benar-benar hebat dan bisa melakukan segalanya," sajung Roglic untuk koleganya itu.

Sementara itu, Etape 8 berhasil dimenangkan Simon Yates (BikeExchange-Jayco). Pembalap asal Ingris tersebut melibas rute sepanjang 115,6 kilometer dengan catatan waktu 2 jam 52 menit 59 detik. Ia unggul sembilan detik atas Wout van Aert (Jumbo-Visma) dan Roglic.

"Saya hanya ingin memenangi etape ini. Sebab saya pikir kans untuk menjadi juara overall sudah terlalu jauh," ungkap sudara kembar Adam Yates (Ineos Grenadiers) itu. Ini adalah kemenangan etape keempat di Paris–Nice untuk juara La Vuelta a Espana 2018 ini.

Pembalap 29 tahun ini mengungkapkan, kemenangan di Etape 8 tidak didapat dengan mudah. Apalagi ia harus melawan Roglic yang didukung penuh oleh Van Aert. Akan tetapi, dewo fortuna lebih memihak kepadanya. "Saya senang dengan apa yang telah saya lakukan di sini sepanjang minggu ini," terangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco 2 jam 52 menit 59 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +9
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +9
4. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +1:44
5. Soren Kragh Andersen (Denmark), Team DSM +1:44
6. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +1:44
7. Aurélien Paret Peintre (Prancis), AG2R Citroen +1:44
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:44
9. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +1:44
10. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +1:44

Final General Classification (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 29 jam 19 menit 15 detik
2. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +29
3. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +2:37
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +3:29
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +3:43
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +3:51
7. Ion Izagirre Insausti (Spanyol), Cofidis +4:52
8. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +5:43
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +5:48
10. Aurelien Paret Peintre (Prancis), AG2R Citroen +6:32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS