Kemenangan Perdana Burgaudeau, Roglic Tetap Kuning


Pembalap underdog Mathieu Burgaudeau (Team TotalEnergies) berhasil mencuri kemenangan di Etape 6 Paris–Nice 2022, Jumat (11/3) malam waktu Indonesia. Rider asal Prancis itu mengungguli mantan juara dunia Mads Pedersen (Trek-Segafredo) dan andalan Jumbo-Visma, Wout van Aert.

Etape 6 membawa para pembalap menempuh rute sejauh 213,6 kilometer dari Courthézon menuju Aubagne. Ada tiga tanjakan Kategori 2 dan dua Kategori 3 yang harus dilalui para pembalap.

Balapan dibuka dengan aksi enam pembalap yang melakukan breakaway. Mereka adalah Julius van den Berg (EF Education-EasyPost), Valentin Madouas (Groupama-FDJ), Yevgeniy Federov (Astana-Qazaqstan), Sébastien Grignard (Lotto Soudal), Victor Koretzky (B&B Hotels-KTM), dan Johan Jacobs (Movistar).

Tersisa dua pembalap, yakni Koretzky dan Jacobs, dari kelompok breakaway di sisa 35 kilometer. Tidak berselang lama, Matthew Holmes (Lotto Soudal) menyodok dari peloton untuk bergabung dengan kedua pembalap itu. Ketiganya tertangkap peloton di sisa 27 kilometer.

Setelah itu giliran Soren Kragh Andersen (Team DSM) yang beraksi. Namun keunggulan pembalap tersebut tidak berlangsung lama. Ia kembali ke peloton di 16 kilometer menjelang finis. Ada begitu banyak akselerasi di sepuluh kilometer tersisa. Masing-masing tim berusaha menjadi yang pertama tiba di Aubagne.

Burgaudeau baru melancarkan aksinya di sembilan kilometer menuju finis. Christophe Laporte (Jumbo-Visma) dan Luca Mozzato (B&B Hotels-KTM) coba mengejarnya. Namun, mereka gagal. Burgaudeau menuntaskannya dengan sempurna. Ia berhasil finis pertama dengan catatan waktu 5 jam 33 menit 6 detik.

"Bersepeda bukan hanya tentang fisik, Anda harus memiliki kepercayaan diri dan keyakinan di kepala Anda. Itulah kekurangan saya dalam beberapa pekan terakhir dan di masa lalu. Tetapi, hari ini saya mengatakan pada diri sendiri untuk pergi dan tidak melihat ke belakang," ungkapnya.

Ini adalah kemenangan pertama sepanjang karier Burgaudeau. Sekaligus perdana di ajang WorldTour. Selain itu, inilah kemenangan paling mentereng bagi pembalap 23 tahun ini.

Sementara itu, hasil etape ini tidak berdampak ke penguasa General Classification (GC). Primoz Roglic (Jumbo-Visma) belum tergoyahkan di puncak klasemen overall. Pembalap asal Slovenia itu ditempel ketat Simon Yates (BikeExchange-Jayco) dan Pierre Latour (TotalEnergies).

Selanjutnya, Paris–Nice 2022 akan memasuki etape menanjak, Sabtu (12/3) besok. Etape 7 berlangsung dari Nice menuju Col de Turini. Panjang rutenya 155,2 kilometer. Pembalap harus menaklukkan tanjakan kategori 2 di Cote de Coursegoules. Panjangnya 8,2 kilometer dengan gradien rata-rata lima persen.

Finisnya di Col de Turini. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 15,2 kilometer dengan gradien rata-rata 7,2 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1. Mathieu Burgaudeau (Prancis), TotalEnergies 5 jam 33 menit 6 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
4. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarche-Wanty-Gobert Materiaux +0
5. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +0
6. Luka Mezgec (Slovenia), BikeExchange-Jayco     +0
7. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +0
8. Dorian Godon (Prancis), AG2R Citroen +0
9. Florian Senechal (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +0
10. Luca Mozzato (Italia), B&B Hotels-KTM +0

General Classification usai 6 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 22 jam 23 menit 34 detik
2. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +39
3. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +41
4. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +56
5. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +59
6. Adam Yates (Inggrris), Ineos Grenadiers +1:11
7. Soren Kragh Andersen (Denmark), Team DSM +1:26
8. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +1:35
9. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +1:45
10. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +2:01

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Getty Images


COMMENTS