Laporte Menang, Jumbo-Visma Dominan

Christophe Laporte (tengah) menang, Primoz Roglic dan Wout van Aert finis kedua dan ketiga

Luar biasa tim Jumbo-Visma. Skuad asal Belanda tersebut menyapu bersih tiga besar podium di Etape 1 Paris–Nice 2022, Minggu (6/3) malam waktu Indonesia. Tim kuning-hitam mengantarkan Christophe Laporte sebagai pemenang di tahapan ini.

Etape pertama Paris–Nice 2022 berlangsung di medan sepanjang 159,8 kilometer di Mantes-la-Ville. Mayoritas rutenya flat. Meski demikian, para pembalap harus menghadapi empat tanjakan Kategori 3 di 60 kilometer awal dan di 24 kilometer terakhir.

Lomba dibuka dengan aksi breakaway dua pembalap, yakni Matthew Holmes (Lotto Soudal) dan Aimé de Gendt (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Setelah memimpin selama lebih dari separuh jalan, kedua pembalap ini berhasil ditangkap peloton di sisa 73 kilometer.

Etape pertama ini langsung memakan korban. Crash di 47 kilometer menjelang finis membuat Felix Grosschartner (Bora-Hansgrohe) gagal melanjutkan balapan. Nasib baik masih menaungi rekan setim Grosschartner, Danny van Poppel. Meski sama-sama celaka, tapi rider 28 tahun ini masih bisa meneruskan lomba.

Lalu tiga pembalap, yakni Frederik Frison (Lotto Soudal), Alexis Gougeard (B&B), dan Yevgeny Fedorov (Astana) melakukan breakaway di sisa 44 kilometer. Mereka memimimpin hingga intermediate sprint di Magnanville, 14 kilometer menjelang finis.

Jumbo-Visma menunjukkan tajinya setelah Magnanville. Tim ini mengontrol balapan dengan menempatkan rider terbaiknya di baris terdepan. Kemudian tiga member Jumbo-Visma, yakni Laporte, Primoz Roglic, dan Wout van Aert mengambil alih kendali.

Ketiganya memimpin  tanpa mampu dikejar para pesaing. Mereka nyaris bersama-sama ketika melintasi garis finis. Laporte berhasil finis pertama, disusul Roglic dan Van Aert. Laporte mencatat waktu 3 jam 48 menit 38 detik.

"Saya harus berterima kasih kepada tim. Mereka memberi tahu saya di kilometer terakhir bahwa kemenangan ini untuk saya. Jadi itu benar-benar hadiah yang bagus untuk saya," ucap Laporte usai lomba.

Ini adalah kemenangan ke-22 sepanjang karier profesionalmya. Sekaligus yang pertama bersama Jumbo-Visma. Pembalap asal Prancis tersebut bergabung dengan Jumbo-Visma pada akhir 2021. Sebelumnya, rider 29 tahun ini menghabiskan waktu selama delapan tahun bersama tim Cofidis.

"Saya memenangkan etape petama dan mengenakan jersey kuning. Jika seseorang mengatakan kepada saya sejak pagi hari, saya tidak akan percaya. Untuk mencapai finis satu, dua, dan tiga, itu luar biasa. Pekerjaan yang telah kami lakukan telah membuahkan hasil," imbuhnya.

Selanjutnya, Etape 2 Paris–Nice 2022 masih menyuguhkan etape flat. Peloton akan melaju dari Auffargis menuju Orléans. Total jaraknya 159,2 kilometer. Selain dua kali intermetiate sprint, ada dua tanjakan Kategori 3 di 18 kilometer awal. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma 3 jam 48 menit 38 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
4. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +19
5. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +22
6. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +22
7. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +22
8. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +22
9. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +22
10. Florian Senechal (Prancis), Quick-Step Alpha Vinyl +22

General Classification usai 1 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma 3 jam 48 menit 28 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +4
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +6
4. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +29
5. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +32
6. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +32
7. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +32
8. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +32
9. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +32
10. Florian Senechal (Prancis), Quick-Step Alpha Vinyl +32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Getty Images


COMMENTS