Pembalap Rusia Diizinkan Tampil di Agenda UCI

Pavel Sivakov, pembalap tim Ineos Grenadiers asal Rusia

Union Cycliste Internationale (UCI) menyatakan sikap atas konflik antara Rusia dan Ukraina. UCI melarang tim dari Rusia dan Belarusia untuk tampil di seluruh kegiatan balap sepeda. Serta meniadakan semua event di kedua negara itu. Namun, pembalap dari kedua negara dapat terus berpartisipasi.

Invasi Rusia ke Ukraina telah melebar ke masalah olahraga. UEFA melarang tim nasional dan klub sepak bola  Rusia ambil bagian di event yang mereka selenggarakan. Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyerukan agar semua atlet dari Rusia dan Belarusia ditolak haknya untuk berpartisipasi dalam kompetisi olahraga.

UCI pun mengeluarkan sikap serupa. Mereka melarang tim nasional balap sepeda Rusia dan Belarusia tampil di semua event sepeda. UCI mencabut semua lisensi tim balap sepeda yang terdaftar di kedua negara itu. Tim-tim itu baru bisa berpartisipasi kembali jika pindah dari negara tersebut.

UCI juga menghapus semua kegiatan balap sepeda di Rusia dan Belarusia dari kalender balap. Penampakan semua lambang, nama, akronim, bendera dan lagu yang terkait Rusia dan Belarusia dilarang di semua acara di kalender internasional UCI. Oleh karena itu, jersey juara nasional Rusia dan Belarusia pun dilarang.

Meski demikian, mereka tetap memberikan lampu hijau kepada atlet dari kedua negara tersebut untuk tampil di event sepeda di lingkungan UCI, asalkan mendapatkan izin saat pendaftaran individu. UCI juga menegaskan, setiap partisipasi atlet Rusia atau Belarusia harus dalam kapasitas netral.

"Keputusan tidak memberlakukan larangan total kepada atlet Rusia dan Belarusia di semua acara internasional, didasarkan pada keseimbangan semua kepentingan," tulis UCI dalam keterangan resminya.

UCI juga meminta penyelenggara, penonton, dan para pembalap lainnya untuk menghormati pembalap Rusia dan Belarusia di semua event di mana mereka diizinkan untuk berpartisipasi. Posisi UCI dapat berubah seiring dengan berkembangnya situasi di Ukraina. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: road.cc


COMMENTS