Daftar Lengkap Peserta Tour de France 2022


Amaury Sport Organisation (ASO) telah mengumumkan daftar lengkap peserta Tour de France 2022. Balapan paling heboh di dunia tersebut akan diikuti total 22 tim. Empat di antaranya adalah ProTeam. Termasuk tim yang kini menaungi Peter Sagan, yakni Team TotalEnergies.

Selain diikuti oleh tim-tim peserta WorldTour, Tour de France dan dua Grand Tour lainnya juga memberikan slot kepada ProTeam untuk berpartisipasi di ajang ini. Dua tempat sudah otomatis menjadi milik Alpecin-Fenix dan Arkéa-Samsic. Mereka lolos karena menduduki peringkat teratas dalam ranking ProTeam UCI.

ASO kemudian memilih Team TotalEnergies dan B&B Hotels-KTM untuk melengkapi list peserta musim ini. Hal ini diumumkan Jumat (11/2). Keputusan ini memang tidak mengejutkan. Sebab kedua tim sudah menjadi langganan Tour de France. Bahkan, TotalEnergies telah berpartisipasi sejak tim ini terbentuk pada 2000. Kala itu mereka mengusung nama Bonjour-Toupargel.

Masuknya Team TotalEnergies membuat Sagan kemungkinan akan berada di Grand Depart pada 1 Juli nanti di Kopenhagen, Denmark. Sagan kali pertama tampil di ajang ini pada 2012 silam. Juara dunia tiga kali itu berhasil membawa pulang tujuh green jersey. Ia juga mencatat 12 kemenangan etape.

Sayang, partisipasinya pada 2021 berakhir kurang memuaskan. Kecelakaan di awal lomba membuat tubuhnya babak belur. Ia dipaksa angkat kaki sebelum dimulainya Etape 12.Sagan sebelum tampil di Tour de France, Ia lebih dulu turun di Milan-San Remo, Tour of Flanders, Paris-Roubaix, dan Criterium du Dauphine. (mainsepeda)

Peserta Tour de France 2022
AG2R Citroën, Astana Qazaqstan, Bora–Hansgrohe, Cofidis, EF Education–EasyPost, Groupama–FDJ, Ineos Grenadiers, Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux, Israel–Premier Tech, Lotto–Soudal, Movistar, QuickStep Alpha Vinyl, Bahrain Victorious, BikeExchange–Jayco, Team DSM, Jumbo–Visma, Trek–Segafredo, UAE Team Emirates, Alpecin–Fenix, Arkéa Samsic, Team TotalEnergies, B&B Hotels-KTM

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 73

Foto: ASO


COMMENTS