Egan Bernal Sudah Keluar dari Rumah Sakit


Egan Bernal (Ineos Grenadieres) sudah keluar dari Clínica Universidad de la Sabana. Pembalap asal Kolombia itu akan meneruskan program rehabilitasi di rumah. Kabar baiknya, Bernal sudah bisa berdiri. Itu terlihat saat Bernal berpose dengan tim dokter yang merawatnya selama dua pekan terakhir.

Juara Tour de France 2019 mengalami kecelakaan hebat pada Senin (24/2) lalu. Ia menabrak bus yang sedang berhenti di halte guna menurunkan penumpang. Bagian belakang bus penyok. Sementara kondisi Bernal sangat mengenaskan.

Ia mematahkan tidak kurang dari 20 tulang. Mulai tulang paha, tempurung lutut, tulang belakang, serta tulang rusuk. Selain itu, paru-parunya juga kolaps. Bernal harus menghabiskan kurang lebih dua pekan di ruang ICU. Hebatnya, ia sudah diizinkan pulang sehari setelah rumah sakit memindahkannya dari ICU ke kamar biasa.

"Saat ini, pasien berada di fase ketiga trauma, siap untuk memulai proses rehabilitasinya. Ia tidak mengalami komplikasi dan semua cederanya stabil dan dalam proses pemulihan. Karena hal di atas, kami dengan senang hati melaporkan bahwa pasien telah dipulangkan," bunyi rilis Clínica Universidad de La Sabana.

Menurutnya, Bernal kini tinggal melakukan rehabilitasi rawat jalan dengan sebuah klinik di Kolombia. Hingga kini Belum ada penjelasan resmi berapa lama ia harus menepi dari balap sepeda. Akan tetapi, cedera ini membuat Bernal terancam tidak bisa tampil di Tour de France pada Juli nanti. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 72

Foto: Clínica Universidad de la Sabana


COMMENTS