Tiga Tim Mundur karena Terpapar Covid-19 di Volta a Valenciana


Merebaknya varian Omicron membuat pandemi Covid-19 meninggi lagi di Eropa. Dampaknya mulai terasa dalam ajang balap sepeda yang berlangsung di Benua Biru. Salah satunya Volta a la Comunitat Valenciana yang saat ini tengah berlangsung. Tercatat ada tiga tim yang mundur karena pembalap atau stafnya positif Covid-19.

Balapan kategori 2.Pro itu akan berlangsung hingga, Minggu (6/2). Sebelum lomba ini tuntas, tercatat ada tiga tim yang mengundurkan diri. Tim pertama adalah BikeExchange-Jayco yang memutuskan angkat kaki sebelum dimulainya etape tiga. Keputusan ini diambil setelah ada dua anggota tim yang terpapar Covid.

Sehari berikutnya, giliran Jumbo-Visma dan Team DSM yang menarik diri dengan alasan yang sama. Mereka tak ingin mengambil risiko yang dapat merugikan peloton. "Keputusan iini diambil untuk melindungi orang di dalam dan di luar tim," kata Jumbo-Visma dalam pengumumannya.

Sebenarnya, kasus positif Covid-19 juga ditemukan di tim Movistar. Tapi skuad asal Spanyol ini mengeliminasi pembalap yang positif. Sisanya, yang dinyatakan negatif, tetap membalap. Perbedaan sikap antara tim Movistar dengan tiga tim WorldTour lainnya itu mempertegas bahwa aturan tentang siapa pengambil keputusan tentang nasib tim di balapan, mengalami banyak perubahan sejak awal pandemi.

Menurut regulasi UCI, untuk semua balapan selain Grand Tour, dokter yang bertanggung jawab atas Covid-19 dalam balapan akan memberikan semua informasi yang relevan kepada penyelenggara. Penyelenggara akan bertanggung jawab atas tindakan apa pun yang diperlukan untuk balapan setelah berdiskusi dengan otoritas kesehatan nasional.

Kemudian penyelenggara balapan akan berbicara dengan direktur medis UCI dan perwakilan dari pebalap dan tim sebelum keputusan diambil. Hanya saja setiap tim juga memiliki peraturan internalnya sendiri. Jadi meski DSM, Jumbo-Visma, dan BikeExchange-Jayco mundur secara keseluruhan, Movistar bisa melanjutkan lomba dengan sisa pembalap yang negatif Covid-19. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 72

Foto: Getty Images


COMMENTS