"Rumah Baru" Dokter Pehobi Gowes di Kota Batik


Ada banyak dokter di Indonesia yang hobi gowes. Tak terkecuali para dokter di Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng). Mereka membentuk sebuah komunitas, namanya DocBike Pekalongan. Berdiri sejak 17 Agustus 2021, DocBike merupakan komunitas gowes para dokter yang berafiliasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Sejenak mundur ke tahun lalu. Ketika kepengurusan IDI Pekalongan baru saja diresmikan. Ketua Seksi Olahraga IDI Pekalongan, dr. Bonis Edi Artoko memiliki ide untuk mengumpulkan rekan seprofesi yang hobi sepeda. Ia tahu ada banyak dokter yang suka bersepeda.

Hanya saja belum ada satu wadah khusus yang menampung dokter pehobi sepeda. Mereka cenderung gabung dengan komunitas lain, atau gowes mandiri. Untuk itu mereka sepakat membuat sebuah rumah baru bernama DocBike Pekalongan. Tanggal 17 Agustus 2021 dipilih sebagai hari jadi.

Mereka rutin gowes tiap akhir pekan. Rutenya di Pekalongan dan kota-kota sekitar. "Pekalongan ini enak. Rute gowesnya bisa bervariasi. Mau datar oke, mau nanjak juga silahkan," bilang Koordinator DocBike Pekalongan dr. Mohammad Yasin, SpOG.

Dokter asal Blora ini sudah gowes sejak 2018. Lebih awal jika dibandingkan rekan-rekan sejawatnya. Meski demikian, ia tidak pernah kaku soal pemilihan rute gowes DocBike Pekalongan. Rutenya dibuat senyaman mungkin. Tujuannya agar semakin banyak dokter yang ikut bersepeda.

"Peminat roadbike di kalangan dokter di Pekalongan itu banyak. Akan tetapi, begitu kami share rute, ada juga yang belum percaya diri dan akhirnya tidak gowes bareng kami. Oleh sebab itu, kami penting mereka bersepeda dulu. Kami buatkan rute yang nyaman agar rutin gowes tiap Minggu," jabarnya.

Dokter yang berdinas di RSUD Kraton, Kabupaten Pekalongan ini menambahkan, DocBike Pekalongan sebenarnya memiliki rencana besar untuk mengadakan gowes jarak jauh tiap bulan. Akan tetapi, menyinkonkan jadwal jadi halangan tersendiri. Kadangh jadwal gowes mareka sering bertabrakan dengan agenda masing-masing anggota.

Meski diadang oleh berbagai tantangan itu, mereka berhasil melaksanakan tiga agenda gowes bareng sejauh ini. Pertama pada 17 Agustus 2021 untuk menandai hari jadi komunitas ini. Agenda kedua dilaksanakan November tahun lalu, bertepatan dengan launching jersey perdana.

Foto bareng dengan background Jembatan Kalikuto di Kendal

DocBike Pekalongan baru saja meluncurkan jersey terbaru pada awal Februari. Dirayakan dengan bersepeda dari Pekalongan ke Jembatan Kalikuto di Kendal. Total jaraknya 100 kilometer. Medannya rolling dengan elevation gain sekitar 1.100 meter.

Jersey baru DocBike Pekalongan didominasi oleh warna putih yang identik dengan pakaian para dokter. Jersey buatan SUB ini juga menonjolkan dua aspek, yakni logo IDI serta Pekalongan sebagai Kota Batik. Kehadiran jersey baru membuat DocBike Pekalongan makin termotivasi.

"Kami ingin membuat gowes jarak jauh lagi. Targetnya Pekalongan ke Jogjakarta. Dilanjut dengan gowes keliling Jogja. Kami sedang mematangkan rencana ini. Semoga bisa kami dieksekusi dalam waktu dekat," harap alumnus Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Brawijaya (UB) tersebut. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 72

Foto: Dokumentasi DocBike Pekalongan


COMMENTS