Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Terbesar akan Digelar di Skotlandia


Union Cycliste Internationale (UCI) menunjuk Glasgow, Skotlandia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia 2023. Yang menarik, Glasgow tak hanya menjadi host untuk nomor road saja. Kota ini juga menjadi penyelenggara nomor track, BMX, sepeda gunung (MTB), dan disiplin lainnya.

Kejuaraan Dunia 2023 akan berlangsung selama hampir dua pekan, pada 3-13 Agustus. Melalui format baru ini, UCI ingin membuat sebuah bagi masyarakat.

"Ini tentang bagaimana kita membuat lebih banyak orang mengendarai sepeda. Tentang bagaimana kita bisa menjangkau ke kelompok yang kurang beruntung. Juga bagaimana kita mendapatkan lebih banyak keberlanjutan dan tautan ke lingkungan untuk masyarakat. Sebab sepeda bisa melakukan itu," kata Paul Bush, Ketua Panitia.

Glasgow memang menjadi pusat dari seluruh kegiataan Kejuaraan Dunia. Akan tetapi, balapan juga akan digelar di pelbagai kota di Skotlandia lainnya. Konon, Kejuaraan Dunia 2023 akan diikuti 8.000 atlet dari total 120 negara peserta.
 
"Ini adalah kali pertama seluruh keluarga olahraga bersepeda berkumpul di waktu dan tempat yang sama. Event ini menghadirkan kesempatan luar biasa untuk menampilkan bersepeda sebagai olahraga, juga untuk membuat perbedaan positif bagi dunia," ucap Amina Lanaya, Direktur Jenderal UCI.

Kejuaraan Dunia 2023 akan memakan anggaran sangat besar. Mencapai 50 jura GBP. Dana tersebut berasal dari berbagai instansi lokal dan nasional, termasuk Badan Olahraga Inggris dan Pemerintah Skotlandia.

"Kami akan berusaha untuk menghadirkan acara bersepeda paling berkelanjutan yang pernah diadakan. Serta menampilkan kekuatan sepeda sebagai katalis untuk perubahan transformasional di Skotlandia dan sekitarnya," sebut Trudy Lindblade, CEO Kejuaraan Dunia 2023.

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 72

Foto: Getty Images


COMMENTS