Remco Evenepoel Telah Kembali ke Level Terbaik


La Vuelta a Espana menjadi fokus Remco Evenepoel musim ini. Pembalap QuickStep-Alpha Vinyl itu diyakini bakal tampil lebih hebat daripada musim lalu. Evenepoel diklaim sudah menemukan bentuk terbaiknya setelah cedera parah akibat kecelakaan di Il Lombardia 2020 lalu.

Evenepoel jatuh ke jurang di Il Lombardia 2020. Insiden itu membuatnya absen lama dari balap sepeda. Selain itu, Evenepoel juga sempat kesulitan menemukan bentuk terbaiknya. Masalah ini baru terselesaikan pada akhir musim 2021. Pembalap asal Belgia ini mulai menunjukkan tajinya.

Directeur Sportif QuickStep-Alpha Vinyl Tom Steels mengungkapkan, pembalap 22 tahun itu baru menampilkan performa terbaiknya sepanjang September. Tepatnya ketika Evenepoel membela Belgia di Kejuaraan Eropa dan Kejuaraan Dunia.

Evenepoel finis kedua di nomor Individual Time Trial (ITT) dan runner up di road race dalam Kejuaraan Eropa. Ia menempati peringkat ketiga di nomor ITT di Kejuaraan Dunia. "Pada akhir musim lalu kami melihat sosok Remco yang sudah lama ingin kami lihat," kata Steels.

"Caranya balapan di Kejuaraan Eropa dan Kejuaraan Dunia sangat bagus. Hanya saja kami juga melihat bahwa performanya pada akhir musim lalu tidak dalam kondisi terbaik. Itu adalah tahun yang sulit baginya," bilangnya dalam wawancara dengan Cycling Weekly.

Steels makin gembira karena Evenepoel menunjukkan progres signifikan dalam masa persiapan menuju musim 2022. "Ia telah berlatih selama musim dingin ini tanpa masalah. Sejauh ini berada di level yang lebih baik daripada tahun lalu, bahkan dua tahun lalu," ungkapnya.

Evenepoel akan membuka 2022 di Volta a la Comunitat Valenciana. Ia juga turun di Tirreno-Adriatico, Itzulia Basque Country, La Fleche Wallonne, Liege-Bastogne-Liege, Tour de Suisse, Donostia San Sebastian Klasikoa, Vuelta a Burgos, serta La Vuelta a Espana. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 71

Foto: QuickStep-Alpha Vinyl


COMMENTS