Tom Pidcock Juara Dunia Cyclocross 2022


Tim Pidcock (Ineos Grenadiers) menyabet gelar juara dunia cyclocross 2022. Pembalap asal Inggris itu menjadi yang tercepat dalam gelaran yang berlangsung di Fayetteville, Arkansas, Amerika Serikat, Senin (31/1) pagi waktu Indonesia. Ini adalah gelar juara dunia cyclocross pertama untuk pembalap 22 tahun ini.

Rider kelahiran Leeds tersebut menjadi unggulan pertama di Fayetteville. Maklum, Kejuaraan Dunia Cyclocross tahun ini tidak diikuti oleh dua pembalap terkuat, yakni Wout van Aert (Jumbo-Visma) dan Mathieu van der Poel (Alpecin Fenix).

Van Aert sejatinya mejadi calon terkuat peraih gelar juara dunia. Hanya saja pembalap asal Belgia itu memilih tidak bertanding di kejuaraan dunia. Sebagai gantinya, Van Aert fokus ke WorldTour. Lain halnya dengan Van der Poel. Rider asal Belanda ini masih berkutat dengan cedera yang tak kunjung usai.

Absennya kedua superstar itu membuat Pidcock melaju tanpa lawan tangguh. Pidcock berada di baris terdepan menjelang akhir lap keempat. Ia berhasil menjauh dari lawan-lawannya dengan gap lebih dari setengah menit. Ia memasuki garis finis dengan selebrasi Superman.

Selebrasi Tom Pidcock saat memasuki garis finis. Ia menjadi juara dunia cyclocross 2022

"Ini adalah balapan yang sangat sulit karena para pembalap Belgia mencoba untuk balapan taktis. Namun saya berhasil menemukan celah dan sukses mempertahankan posisi saya," ucap Pidcock selepas balapan dilansir Cyclingnews.

Pidcock menuntaskan balapan sembilan lap ini dengan catatan waktu 1 jam 36 detik. Ia berhak merebut medali emas dan titel juara dunia. Sementara Lars van der Haar (Belanda) dan Eli Iserbyt (Belgia) menempati peringkat kedua dan ketiga.

Gelar juara dunia cyclocross menambah daftar prestasi mengagumkan pembalap asal Inggris ini. Sebelumnya, ia berhasil membawa pulang medali emas di nomor MTB di Olimpiade Tokyo pada tahun lalu. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 71

Foto: @BritishCycling, Getty Images


COMMENTS