Peserta WorldTour tidak hanya serius mempersiapkan tim dari sisi teknis saja. Masalah non teknis seperti protokol kesehatan pun mereka lakukan dengan baik. Termasuk soal vaksinasi. Salah satu contohnya yang dilakukan UAE Team Emirates.

Skuad yang menaungi Tadej Pogacar tersebut benar-benar detail untuk urusan protokol kesehatan. Apalagi pandemi Covid-19 meninggi lagi di Eropa. Untuk memantau kondisi pembalap dan staf tim, mereka rutin melakukan tes swab antigen tiap tiga hari sekali.

Selama kamp pelatihan di Spanyol, mereka tinggal dengan sistem bubble di sebuah hotel yang disewa khusus untuk rombongan UAE Team Emirates. Mereka harus dites swab antigen dengan hasil negatif untuk memasuki bubble itu.

"Protokol kami cukup ketat. Selain hasil tes yang negatif, mereka harus memakai masker setiap saat dan tetap berada di bubble. Kami juga satu-satunya tamu di hotel itu. Jadi kami memiliki banyak mitigasi. Jika tinggal di hotel yang lebih besar dengan lebih banyak tamu, akan lebih sulit untuk dikendalikan," terang Kepala Kinerja UAE Team Emirates, dr. Imigo San Millan.

Ia memastikan seluruh anggota tim sudah divaksinasi, sesuai dengan protokol kesehatan UCI (Union Cycliste Internationale) yang baru. Dengan protokol kesehatan yang ketat, serta seluruh member tim yang divaksinasi, tak mengherankan jika belum ditemukan kasus positif Covid-19 di tim UAE Team Emirates saat ini.

"Kami benar-benar harus memuji UCI dan dunia bersepeda karena telah melakukan pekerjaan yang fantastis dan menjadi contoh bagi seluruh dunia," sanjung dr. San Millan kepada Cyclingnews.

Meskipun berjalan sukses, ia mengingatkan seluruh elemen tim untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Sebab, terpapar Covid-19 akan memiliki dampak luar biasa ke tubuh. Kabar baiknya, tidak seperti atlet dari cabang olahraga lain, minim ditemuan long Covid-19 di balap sepeda.

"Kami melihat banyak olahragawan lain yang tidak kembali normal setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan terpapar Covid-19. Kami beruntung belum pernah mendengar hal ini di tim WorldTour mana pun," bilangnya. (mainsepeda)

Foto: @PhotoFizza


COMMENTS