Duel antara Tadej Pogacar dengan Primoz Roglic dipastikan tidak hanya terjadi di Tour de France 2022 saja. Dua superstar asal Slovenia itu akan bersaing di La Vuelta a Espana musim ini. Ya, Pogacar siap mengusik singgasana Roglic di balapan terbesar di Spanyol itu.

Roglic nyaris tanpa pesaing di La Vuelta. Situasi ini membuat pembalap tim Jumbo-Visma itu berhasil hat-trick juara. Tapi jalannya balapan pada musim ini bisa berbeda. Sebab ada Pogacar yang siap merusak dominasi Roglic di Negeri Matador.

"Saya berharap bisa tampil di dua Grand Tour tahun ini, yakni Tour de France dan La Vuelta. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi sepanjang musim ini. Akan tetapi, itulah dua lomba besar yang ingin saya ikuti," kata Pogacar dilansir Cyclingnews.

Terlepas dari dua gelarnya di Tour de France, La Vuelta selalu mendapat tempat spesial bagi Pogacar. Sebab inilah Grand Tour pertamanya sebagai pembalap profesional. Pogi, sapaan akrabnya, debut di La Vuelta 2019. Ia finis ketiga di belakang Roglic sebagai juara overall dan Alejandro Valverde (Movistar).

"Vuelta adalah Grand Tour pertama saya. Saya memiliki kenangan yang sangat indah di sana dan saya ingin menghidupkan kembali kenangan itu," bilang Pogacar.

Pogacar masih menjalani kamp pelatihan bersama UAE Team Emirates. Ia dijadwalkan memulai 2022 di UAE Tour. Kemudian Pogacar dijadwalkan tampil kembali di Milan-San Remo dan turun di Tour of Flanders. Pogacar bakal tampil di empat dari lima balapan Monumen pada tahun ini. Ia hanya absen di Paris-Roubaix.

"Saya akan berlomba di empat balapan Monumen. Tetapi itu tidak berarti bahwa saya fokus untuk memenangi semuanya. Saya ingin mencoba semuanya di masa depan," terang Pogacar. (mainsepeda)

Foto: ASO


COMMENTS