Wout van Aert menutup musim cyclocross 2021/2022 dengan sempurna. Pembalap tim Jumbo-Visma itu berhasil mempertahankan status sebagai juara nasional cyclocross Belgia. Kini ia mengalihkan fokus ke WorldTour. Van Aert telah ditunggu sejumlah agenda balap dalam waktu dekat ini.

Van Aert menghabiskan waktu sepanjang Desember hingga awal Januari di arena cyclocross. Pencapaiannya sungguh luar biasa. Pembalap 27 tahun itu nyaris tanpa lawan. Ia mendapatkan sembilan kemenangan. Salah satunya di Kejuaraan Nasional Cyclocross Belgia, Minggu (9/1) kemarin.

Performa hebat itu menjadikan Van Aert sebagai unggulan teratas di Kejuaraan Dunia Cyclocross 2022 di Fayetteville, Arkansas, Amerika Serikat pada akhir Januari nanti. Hanya saja ia memilih tidak ambil bagian di sana lantaran harus fokus ke WorldTour.

Van Aert tidak ragu sedikit pun akan keputusannya. Sebab, keputusan tersebut sudah diambil jauh hari sebelum musim cyclocross dimulai. Van Aert akan memulai pelatihan pada Senin (10/1). Ia sepenuhnya fokus menatap musim baru WorldTour.

"Saya berlatih lagi dengan rekan-rekan setim saya yang sudah jauh berada di depan dalam masalah persiapan. Mereka sudah bekerja keras dan sudah berlatih lebih intensif," bilang Van Aert dilansir Het Laatste Nieuws.

Dua balapan Monumen, yakni Tour of Flanders dan Paris-Roubaix menjadi target besarnya musim ini. Van Aert gagal meraihnya musim lalu. Ia tidak mau mengulang hal serupa pada tahun ini. Selain itu, Van Aert juga berambisi merebut jersey hijau di Tour de France nanti.

"Tentu saja kejuaraan dunia di Australia menjadi salah satu tujuan saya. Itu adalah sesuatu yang belum saya capai," tegas pemilik lima gelar juara nasional cyclocross Belgia itu. (mainsepeda)

Foto: Getty Images


COMMENTS