Tutup Tahun dengan Gowes Kudus-Bali

| Penulis : 

Komunitas Cynthia Box Cycling (CBC) Kudus memiliki agenda rutin. Mereka selalu menutup tahun dengan touring. Pada 23-26 Desember 2021 lalu mereka melakukan gowes dari Kudus ke Bali. Total jaraknya lebih dari 700 kilometer. Ini merupakan agenda tutup tahun keempat yang mereka gelar.

Ketua Pelaksana Baharudin Fardian Hasbi bercerita, agenda serupa pernah mereka lakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Mereka pernah touring ke Kopeng (Jawa Tengah) dan Bandung. Hanya tahun kedua mereka vakum.

"Agenda tutup tahun biasanya kami laksanakan pas pekan terakhir. Sekalian menyelesaikan Rapha Festive 500," sebut Dian, sapaan akrabnya.

Touring ke Bali kali ini sedianya diikuti total 40 cyclist. Hanya saja yang berlanjut sampai ke Bali sebanyak 31 orang. Sedangkan sisanya hanya ikut sampai Surabaya saja. Rutenya ditempuh dalam waktu tiga hari. Mulai dari Kudus-Surabaya, Surabaya-Banyuwangi, dan Banyuwangi-Denpasar.

Kegiatan itu hanya diikuti oleh anggota CBC Kudus saja. Agar lebih fleksibel serta maksimal dalam mengeksplor daerah Bali, mereka memutuskan untuk tidak mengajak keluarga ke Pulau Dewata.

"Setelah tiba di Bali, kami juga keliling. Tapi cuma jarak 20 kilometer saja. Total jarak kami tempuh mencapai 729 kilometer. Lalu sisanya kami habiskan sekalian wisata ke daerah Bedugul," kata cyclist 37 tahun itu.

Agenda touring itu nyaris batal karena ada kebijakan PPKM saat Natal dan Tahun Baru. Untungnya kebijakan itu dihapus sehingga CBC Kudus bisa mengadakan touring sesuai jadwal.

Selama touring tersebut, lanjut Dian, rute paling berat saat melewati jalur pantai utara (pantura). Cuaca terik menjadi tantangan tersendiri. Tak cuma itu saja, mereka juga sempat terjebak macet di Osowilangun saat menuju Surabaya.

"Yang paling seru ada 15 orang yang tetap gowes saat malam hari di Baluran. Beberapa memilih loading karena riskan. Salut sih dengan perjuangan mereka," kata cyclist asal Kudus itu.

Berpose sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur

CBC Kudus aktif menggelar kegiatan gowes sepanjang 2021 ini. Sebelum bersepeda dari Kudus ke Bali, mereka bikin gowes Kudus-Cemoro Sewu, Kudus-Kaliangkring, Kudus-Surabaya-Bromo, hingga Kudus-Pantai Klayar. Semua agenda itu berjalan sukses dan tanoa hambatan.

"Tahun ini akan ada agenda rutin lagi sebelum puasa. Mungkin seminggu atau dua minggu sebelum Ramadan, kami selalu mengadakan closing ride party ke Cemoro Sewu," bilangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 70

Foto: Ahmad Muannam/CBC Kudus

Populer

Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Preview Bromo KOM Kategori Men 60+: Ambisi Besar Soetanto Tanojo Rebut Kembali Gelar Bromo KOM 
Polygon Luncurkan Strattos Disc Brake
Philipsen Menang Sprint atas Bennett dan Viviani
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Valtteri Bottas, Pembalap F1 Menuju Kejuaraan Dunia Gravel UCI
Meski Dihukum, Sagan Belum Lelah Kejar Jersey Hijau
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg
Rayakan Hari Kartini, WCC Surabaya Ajak Cyclist Perempuan Berani Bersepeda Bersama
Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie