Van der Poel Terancam Absen di Kejuaraan Dunia

Malang betul nasib Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix). Cedera punggung yang menghantuinya sepanjang 2021, muncul kembali menjelang pergantian tahun. Cedera itu kambuh ketika pembalap asal Belanda ini tampil di Superprestige di Heusden-Zolder pada awal pekan ini.

Cedera punggung menjadi musuh besar Van der Poel sepanjang 2021 ini. Masalah ini makin besar setelah ia jatuh di Olimpiade Tokyo. Imbasnya, Van der Poel harus istirahat sekitar dua bulan. Ia baru dinyatakan pulih pada awal Oktober lalu.

Kemudian cedera itu kambuh di penghujung Desember. Membuat Van der Poel gagal menyelesaikan balapan di Heusden-Zolder. Pemeriksaan medis menunjukkan adanya pembengkakan di diskus intervertebralis. Tidak jelas kapan ia bisa melanjutkan latihan dan balapan.

Yang pasti, ia tak bisa tampil di Azencross di Loenhout pada Kamis (30/12). Van der Poel juga harus melewatkan Piala Dunia Cyclocross di Hulst pada 2 Januari nanti. "Jelas ini kemunduran, tetapi tidak ada alasan untuk panik," kata Manajer Alpecin-Fenix, Christoph Roodhooft dalam keterangan resminya.

Alpecin-Fenix tidak mau gegabah. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan setelah pergantian tahun. "Para dokter menjamin kami untuk pemulihan penuh dan itu adalah prioritas saat ini. Bahkan jika itu mengarah ke penyesuaian ambisi di Kejuaraan Dunia Cyclocross nanti," imbuh Roodhooft. 

Van der Poel sedikit frustasi karena terjangkit masalah yang sama. Masalah yang merenggut waktu balapannya sepanjang tahun. Meski demikian, ia bisa bernapas lega karena problem tersebut telah diidentifikasi oleh dokter. Sehingga Van der Poel hanya tinggal menjalani perawatan sesuai instruksi para ahli.

"Semua orang tahu bahwa Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat adalah tujuan besar pertama pada 2022. Tetapi itu tentu bukan target saya satu-satunya," katanya tentang kans tampil di UCI Cyclocross World Championships 2022 di Fayetteville, Arkansas.

Juara dunia cyclocross 2021 ini ingin fokus untuk membereskan masalah di punggungnya. Ia baru akan balapan lagi ketika benar-benar siap. "Jika saya berhasil pulih sebelum Kejuaraan Dunia, itu lebih baik. Jika tidak, saya  akan menantikan balapan road pada musim semi nanti," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 70

Foto: Getty Images


COMMENTS