Gowes 150 Km untuk Merayakan Anniversary Kedelapan

Komunitas Bintaro Loop (Binloop) genap berusia delapan tahun. Mereka menggelar event Bintaro Loop 8th Anniversary Ride 150K pada Sabtu (18/12) kemarin. Acara tersebut diikuti sekitar 225 cyclist dari kawasan Jabodetabek.

Ketua Komunitas Binloop Ade Wijaya mengungkapkan, rute 150K dibikin cukup menantang. Mereka mengambil rute dari Bintaro menuju Jakarta. Pit stop pertama di daerah SCBD (Sudirman Central Business District). Peserta sudah menempuh jarak 60 kilometer.

Kemudian mereka bergerak menuju Tangerang menuju pit stop kedua di Alam Sutera. Saat di pit stop kedua itu, peserta sudah menempuh jarak 120 kilometer. Mereka kemudian melaju lagi menuju Bintaro dan melakukan dua kali lap hingga mencapai jarak 150 kilometer.

"Kami mencari rute yang mempertimbangkan faktor keselamatan dan kenyamanan. Serta jalur yang aman buat pesepeda. Karena peserta dari semua kalangan. Tidak hanya yang terbiasa bersepeda. Seperti mengambil rute dalam kota, karena itu aman dan kami lebih mudah menjaga keamanannya," jelas Ade Wijaya.

Komunitas Bintaro Loop diharap tetap guyub di usia kedelapan tahun

Awalnya peserta ditarget 150 orang. Antusiasme begitu tinggi membuat panitia pelaksana membuka registrasi kedua. Akhirnya terkumpul hingga 225 peserta. Prosesi start dibuat dengan menjaga protokol kesehatan. Mereka dibagi menjadi enam grup.

Ade bersyukur acara perayaan hari hadi Binloop kedelapan ini berlangsung lancar dan zero accident. Semua peserta happy. "Kalau tidak dibatasi pesertanya, jumlahnya akan terlalu besar. Nanti cukup susah menjaga protokol kesehatannya," imbuhnya.

Mereka juga membuat jersey khusus untuk merayakan hari jadi kedelapan. Jersey tersebut berwarna merah dengan logo Binloop di bagian dada. Ade menjelaskan bahwa pemilihan warna merah di jersey anyar tersebut memiliki makna tersendiri.

"Binloop itu ciri khasnya memang warna merah dan hitam. Warna merah itu mewakili semangat kami yang tetap menyala. Komunitas ini sudah berusia delapan tahun dan tetap guyup. Para anggota juga tetap antusias," kata Ade.

Wawali Tangsel, Pilar Saga Ichsan (baju putih) hadir di perayaan HUT Binloop kedelapan

Binloop tidak hanya seaedar menjadi komunitas gowes. Dalam usianya yang menginjak delapan tahun, mereka baru saja meresmikan Road Bike Center ISSI Tangerang Selatan. Peresmian itu dilakukan Sabtu kemarin. Tempat ini diharapkan menjadi pusat kegiatan komunitas bersepeda di daerah tersebut.

"Atlet-atlet kan awalnya banyak dari komunitas. Jadi, kami bisa menjaring bibit-bibit atlet, selain menjadi komunitas yang tetap guyub. Nantinya bisa lanjut dibina oleh ISSI dan menjadi atlet yang handal," tutur Ade.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan. Dalam sambutannya, Pilar juga mendoakan Binloop selalu guyub dan kompak. "Binloop kita doakan lebih besar lagi. Lebih jaya lagi dan jangan terpecah," harap Pilar. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 69

Foto: Dokumentasi Bintaro Loop


COMMENTS