Inilah Detail Rute Grande Partenza Giro 2022

RCS Sport merilis detail rite Grande Partenza Giro d'Italia 2022 yang akan dilangsungkan di Budapest, Hungaria. Ini adalah kali ke-14 Giro dibuka di luar Negeri Pisa. Balapan terbesar di Italia tersebut akan berlangsung 6-29 Mei mendatang.

Budapest untuk kali pertama menjadi host Grande Partenza. Budapest seharusnya menjadi kota pembuka sejak 2020 lalu. Namun rencana ini tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19.

Giro 2022 akan dimulai pada 6 Mei dengan rute sepanjang 195 kilometer. Pembalap akan melaju dari Budapest ke Visegrád. Rute ini melintasi utara ibu kota Hungaria menuju perbatasan Slovakia. Medannya cenderung flat dan sangat cocok untuk para sprinter.

Rute Etape 1 Giro d'Italia 2022


Rute Etape 2 Giro d'Italia 2022

Kemudian, para pembalap akan kembali ke Budapest untuk balapan time trial di Etape 2. Panjang sirkuitnya 9,2 kilometer. Rute ini diperkirakan akan menjadi ajang unjuk gigi juara dunia time trial Filippo Ganna (Ineos Grenadiers).

Etape 3 membawa pembalap melaju dari Kaposvár menuju Balatonfüred. Panjang rutenya 201 kilometer. Seperti di etape pembuka, tahapan ini akan menjadi santapan empuk para sprinter. Sebab medannya cenderung flat dari start hingga finis.

"Tiga etape, dua untuk sprinter dan individual time trial di jantung kota Budapest, akan menonjolkan keindahan Hungaria dan Giro itu sendiri berkat tayangan yang disiarkan di 200 negara di seluruh dunia," bilang CEO RCS Sport, Paolo Bellino.

Rute Etape 3 Giro d'Italia 2022

Setelah merilis tiga etape pembuka Giro 2022, RCS Sport secara bertahap akan mengumumkan detail rute lainnya. Seperti etape sprint, hilly, hingga etape pegunungan. Semuanya akan diumumkan satu per satu hingga tengah pekan depan. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 63

Foto: RCS Sport


COMMENTS