Valverde Ingin Tampil untuk Kali Terakhir di La Vuelta

Alejandro Valverde seharusnya sudah pensiun akhir musim ini. Akan tetapi, pembalap veteran asal Spanyol itu mengurungkan niatnya. Valverde membalap setahun lagi. Hingga 2022. Setelah itu, ia berjanji akan pensiun.

Valverde merupakan pembalap paling senior di peloton WorldTour. Usianya sudah kepala empat. Menginjak 42 tahun pada April nanti. Valverde mungkin lebih lambat dibandingkan masa keemasannya. Tapi kemampuannya tetap hebat.

Buktinya, ia menjuarai GP Miguel Induráin 2021. Kemudian finis pertama di Etape 6 Critérium du Dauphiné 2021. Tenaga serta kepemimpinannya masih sangat dibutuhkan oleh tim Movistar. Tim biru langit memainkan Valverde di Tour de France dan La Vuelta a Espana musim ini.

Dalam pernyataan terbarunya, Valverde bersumpah bahwa musim 2022 akan menjadi yang terakhir baginya. Ia menegaskan bahwa waktunya untuk berhenti dari balap sepeda sudah semakin dekat.

"Saya akan memberi tahu Anda dengan penuh keyakinan, 100 persen, bahwa musim depan akan menjadi yang terakhir bagi saya sebagai pembalap sepeda. Meski saya masih bagus, tapi setelah 21 tahun balapan, apa lagi yang saya inginkan? Waktu saya telah habis," kata Valverde kepada Radiogaceta de los Deportes.

"Kemudian ada balapan klasik dan semua balapan di Spanyol. Jadi kita lihat saja nanti," terangnya. Valverde sudah ditunggu pekerjaan baru pada akhir musim 2022. Kabarnya, Movistar sudah mempersiapkan job baru untuknya sebagai staf tim. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 62

Foto: Getty Images


COMMENTS