Jatim Tambah Tiga Emas dari XCO

Jawa Timur (Jatim) menambah tiga medali emas dan satu perak pada hari kedua Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda 2021, Minggu (24/10). Jatim menyapu bersih tiga medali emas yang tersedia dalam lomba cross-country olympic (XCO) kelompok putra.

Balapan XCO berlangsung di Lamping Cirorek Bike Land, Cilawu, Kabupaten Garut. Dengan Panjang lintasan 4,3 kilometer. Pembalap yang turun di kategori men elite harus menempuh lima putaran. Untuk kategori men U23 dan women U23 empat putaran. Sementara men junior dan women junior harus melakukan tiga putaran.

Atlet nasional, Zaenal Fanani menjadi yang terbaik di kategori men elite. Pembalap 30 tahun itu menyelesaikan tantangan ini dalam waktu 59 menit 14,582 detik. Rafika M. Farisi (Jawa Barat) dan Muhammad Maydanil Arham (Sumatera Selatan) finis kedua dan ketiga.

Pembalap Jatim lainnya, Ihza Muhammad menjadi yang tercepat di kategori men U23. Ia menuntaskan empat lap dengan catatan waktu 49 menit 24,883 detik. Ihza unggul lebih dari satu menit dari Rizaldi Ashshadiqqi Ridha (Kalimantan Selatan) dan Naufal Ghani (Jawa Barat). Rizaldi dan Ghani finis kedua dan ketiga.

Feri Yudoyono meraih dua emas dari cross-country olympic (XCO) dan cross-country eliminator (XCE)

Feri Yudoyono juga tak kalah hebat. Pembalap asal Lumajang ini menjadi yang terbaik di kategori men junior. Feri menyelesaikan tiga lap dengan catatan waktu 36 menit 58,918 detik. Feri mengungguli dua pembalap asal Jawa Barat, yakni Ahmad Syauqi dan Gilang Firmansyah.

Tuan rumah akhirnya merebut emas pertama di Kejurnas tahun ini. Selvi Octaviasari meraih emas di kelas women U23. Dia menyelesaikan empat lap dengan catatan waktu 1 jam 11 menit 40,631 detik. Rindi Fitriana (Lampung) dan Supi Siti Khalipah (Jawa Barat) finis kedua dan ketiga.

Hingga berita ini ditulis, belum ada hasil akhir untuk kategori women junior. Kejurnas 2021 akan berlanjut Senin (25/10). Mempertandingkan nomor individual downhill. Ada empat kategori lomba, yakni men elite, men junior, women elite, dan women junior. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 61

Foto: ISSI Jatim


COMMENTS