Paris Segera Menjadi Kota 100 persen Bersepeda

Paris akan menjadi kota yang nyaman sekaligus idaman cyclist. Ibu kota Prancis ini berencana meningkatkan jumlah jalur sepeda yang dilindungi. Tak hanya itu saja, pemerintah setempat bakal menambah ruang parkir sepeda.

Program itu tertuang dalam rencana bersepeda 2021-2026 yang diterbitkan pada 21 Oktober. Judulnya 'Plan Velo: Act 2'. Program ini menelan anggaran sebesar USD 174 juta, sekitar Rp2,4 triliun. Menurut Forbes, program ini dirancang untuk mengubah Paris menjadi 'kota yang 100 persen bersepeda' dalam empat tahun ke depan.

Plan Velo: Act 2 memprogramkan pembangunan 30.000 tempat parkir sepeda. Serta tambahan 1.000 ruang yang disediakan untuk sepeda kargo. Paris juga akan mendirikan 40.000 ruang parkir sepeda baru yang aman di dekat stasiun kereta api. Sektor swasta bakal memasang 50.000 ruang lagi.

BACA JUGA: Paris Semakin Ramah untuk Pesepeda

Parkir sepeda di kota akan meningkat secara signifikan, pada saat yang sama dengan penghapusan tempat parkir mobil. Saat ini, Paris dalam proses menghapus lebih dari 70 persen tempat parkir mobil di badan jalan.

Program ini juga akan menyasar kalangan pelajar. Sekolah-sekolah di ibu kota itu juga akan meningkatkan skema pelatihan bersepeda. Tujuannya untuk memastikan semua anak muda Paris tahu cara mengendarai sepeda saat mereka meninggalkan sekolah dasar.

Selain pembuatan fasilitas tambahan untuk cyclist, pemerintah Paris juga berjanji untuk memelihara fasilitas itu serta pembersihan dan penghilangan salju dari jalur sepeda. Untuk program ini, mereka menganggarkan USD 290 juta, sekitar Rp4 triliun.

Plan Velo: Act 2 semakin menegaskan status Paris sebagai kota yang ramah pesepeda. Sejak 2015, Paris telah mengusung rencana untuk menjadi "ibu kota bersepeda dunia". (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 61

Foto: AFP


COMMENTS