Rencana Team TotalEnergies untuk naik level sebagai WorldTeam tampaknya tidak akan terealisasi pada musim depan. Rencana itu dilaporkan tertunda hingga setidaknya musim 2023. Rumah baru Peter Sagan itu masih terdaftar sebagai ProTeam untuk musim 2022.

Team TotalEnergies tampak sangat serius untuk naik kasta. Mereka menghadirkan Sagan beserta rombongannya dari tim Bora-Hansgrohe. Sagan dikontrak dua tahun. Berlaku hingga akhir musim 2023. Dua sohib Sagan, Maciej Bodnar dan Daniel Oss juga mendapatkan kontrak berdurasi dua musim.

Bergabung dengan Team TotalEnergies membuat Sagan harus meninggalkan semarak WorldTour. Ia turun kasta. Setidaknya selama semusim, hingga manajemen tim asal Prancis itu merealisasikan rencana menjadi WorldTeam musim 2023 mendatang.

Karena regu ProTeam tidak dijamin mendapat tempat di balapan utama, Sagan dan skuadnya harus bergantung pada undangan dari penyelenggara balapan untuk tampil di Grand Tour, balapan etape besar selama seminggu, atau balapan klasik.

Sementara itu, Dari total 19 tim peserta WorldTour 2021, sebanyak 18 tim telah memperbarui status WorldTeam mereka untuk 2022. Satu-satunya peserta yang belum memperbarui statusnya adalah Qhubeka NextHash. Tim yang teregistrasi di Afrika Selatan ini mengalami masalah finansial.

Tiga WorldTeam mengusung nama baru musim depan. Astana-Premier Tech menjadi Astana Qazaqstan. Skuad Deceuninck-Quickstep berubah menjadi QuickStep-AlphaVinyl Team. Sedangkan Team BikeExchange berganti nama menjadi Team BikeExchange-Jayco.

Masalah keuangan juga terjadi di level ProTeam. Dari 19 ProTeams UCI dari musim ini, baru 16 yang mendaftar untuk kembali di level yang sama tahun depan. ProTeam asal Italia, Vini Zabu dilaporkan turun ke level menjadi tim Continental.

Lalu Androni Giocattoli-Sidermec dilaporkan sukses menggandeng sponsor baru. Mereka berubah nama menjadi Drone Hopper-Androni Giocattoli untuk musim 2022. Nasib tragis dialami Delko. ProTeam asal Prancis tersebut menghentikan tidak akan balapan pada 2022 karena kesulitan keuangan. (mainsepeda)

Pelamar Sebagai UCI WorldTeams
AG2R Citroën Team, Astana Qazaqstan Team, Bahrain Victorious, Bora-Hansgrohe, Cofidis, EF Education-Nippo, Groupama-FDJ, Ineos Grenadiers, Intermarche-Wanty-Gobert Materiaux, Israel Start-Up Nation, Jumbo Visma, Lotto Soudal, Movistar Team, QuickStep Alpha Vinyl Team, Team BikeExchange-Jayco, Team DSM, UAE Team Emirates, Trek-Segafredo.

Pelamar Sebagai UCI ProTeams
Alpecin-Fenix, B&B Hotels p/b KTM, Bardiani CSF Faizane’, Bingoal Pauwels Sauces WB, Burgos-BH, Caja Rural-Seguros RGA, Eolo-Kometa Cycling Team, Equipo Kern Pharma, Euskaltel-Euskadi, Gazprom-Rusvelo, Rally Cycling, Sport Vlaanderen-Baloise, Team Arkea-Samsic, Team Novo Nordisk, TotalEnergies, Uno-X pro Cycling Team.

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 61

Foto: RCS Sport


COMMENTS