Lewati Bebatuan Roubaix Hingga Kembali ke Alp de Huez

Tour de France 2022 akan diselenggarakan di rute-rute sangar. Puncak Alpe d'Huez akan menjadi satu di antara lima finis di atas gunung. Dua kali time trial plus satu etape melewati bebatuan Roubaix, akan tersaji dalam balapan 21 etape tersebut.

Rute itu diumumkan Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara Tour de France, Kamis pagi waktu setempat (14/10) di Paris. Lomba ini akan berlangsung 1-22 Juli tahun depan. Selain itu, ASO juga mengumumkan rute kategori perempuan, Tour de France Femmes.

Etape pertama akan diselenggarakan di Copenhagen, Denmark. Berupa lomba time trial sejauh 13 kilometer. Dibandingkan dengan balapan time trial di Etape 20 sejauh 40 kilometer lebih, etape pembuka terlihat lebih ringan. Namun, 13 kilometer itu akan tricky karena lintasan berangin.

Finis di puncak Alpe d'Huez absen dalam beberapa tahun terakhir. Kali terakhir Tour de France finis di sana pada 2018. Tahun depan, finis di sana akan dilakukan pada Etape 12. Itu adalah finis di puncak kedua setelah rest day kedua.

Etape 5 Tour de France 2022 akan melewati sebelas sektor cobblestones

Selain kembali ke Alpe d'Huez, Tour de France 2022 juga akan melewati rute cobblestones yang biasa dilalui Paris-Roubaix. Medan ini tersaji di Etape 5 nanti. Panjang medan bebatuan 19,4 kilometer yang tersaji di sebelas sektor. Lima di antaranya belum pernah digunakan di Paris-Roubaix atau Tour de France.

Sementara itu, ASO juga mengumumkan balapan kategori perempuan dengan tajuk Tour de France Femmes. Lomba ini kali pertama digelar pada 1984 silam dengan nama Tour Cycliste Féminin. Empat musim berselang, ajang ini berubah nama menjadi Grande Boucle Féminine Internationale.

Setelah berlangsung dalam 26 edisi, lomba edisi perempuan kali terakhir dilangsungkan 2009 lalu. Emma Pooley asal Inggris keluar sebagai pemenangnya. Tour de France Femmes 2022 akan melombakan delapan etape dengan total jarak 1.029 kilometer. Balapan akan dibuka dari kaki Menara Eiffel dan berakhir di Champs Elysées yang ikonik itu. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 60

Foto: ASO


COMMENTS