Tadej Pogacar Juara Il Lombardia 2021

Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) menuntaskan duel melawan Fausto Masnada (Deceuninck-QuickStep) dengan sempurna. Rider asal Slovenia ini merebut titel juara Il Lombardia 2021, Sabtu (9/10). Ia menjadi pembalap Slovenia pertama yang memenangi ajang ini.
Il Lombardia edisi ke-115 ini menempuh jarak 239 kilometer. Pembalap bertolak dari Como menuju Bergamo. Kemenangan Pogacar berakar di Passo di Ganda, tanjakan utama di lomba ini. Pogacar menyerang di sisa 35 kilometer.

Pembalap 23 tahun itu meninggalkan tiga pembalap lainya di grup terdepan, yakni Vincenzo Nibali (Trek-Segafredo), Romain Bardet (Team DSM) dan Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers). Masnada mengejar dari grup kedua yang berisi rekan setimnya Julian Alaphilippe.
Masnada berhasil menjangkau Pogacar di sisa 16 kilometer. Pembalap asal Italia ini lalu menempel Pogacar hingga kilometer pemungkas. Sayang Masnada tidak cukup kuat untuk beradu sprint dengan juara Tour de France 2021 ini.

Pogacar menang dengan catatan waktu 6 jam 1 menit 39 detik. Masnada di posisi kedua. Sementara Adam Yates (Ineos Grenadiers) menghuni peringkat ketiga. Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang tampil memukau di Giro dell'Emilia dan Milano-Torino, hanya finis  keempat.

"Setelah musim yang panjang, sangat gila bisa menyelesaikannya dengan cara seperti ini. Saya tidak dapat berkata apa-apa," kata Pogacar seusai lomba seperti yang dilansir laman resmi UAE Team Emirates.
Ini adalah musim yang luar biasa untuk Pogacar. Ia memenangi Tour de France 2021, dan mempertahankan hegemoninya di lomba paling bergengsi di dunia ini. Selain itu, Pogacar juga menjuarai Liège-Bastogne-Liège pada April lalu.

Ia menjadi pembalap ketiga yang memenangkan dua balapan Monumen dan Tour de France di musim yang sama. Pogacar menyejajarkan dirinya dengan dua pembalap legenda, Fausto Coppi dan Eddy Merckx.
Tidak hanya itu, Pogacar adalah pembalap pertama sejak Moreno Argentin pada 1987, yang memenangi Il Lombardia dan Liège-Bastogne-Liège pada musim yang sama.

"Bagi saya, setiap kemenangan itu penting. Terutama yang di balapan ini. Sebab saya telah bermimpi untuk start di Il Lombardia dengan para pembalap terbaik. Memenangkannya dalam debut adalah sesuatu yang luar biasa," bilang Pogacar. (mainsepeda)

Hasil Il Lombardia 2021 (Big Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 6 jam 1 menit 39 detik
2. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
3. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +51
4. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +51
5. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +51
6. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +51
7. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +51
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +51
9. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +51
10. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +2:25

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 59

Foto: Getty Images, Bettini


COMMENTS