Google Maps Siapkan Fitur Lite Navigation untuk Cyclist

Google sedang menyiapkan fitur baru untuk aplikasi Maps mereka. Salah satunya dikhususkan untuk pengguna sepeda. Dalam waktu dekat mereka meluncurkan fitur yang disebut "lite navigation" yang berfungsi memandu para cyclist.

Fitur "lite navigation" tak akan memberi instruksi ke cyclist belokan demi belokan, seperti yang selama ini ada di dalam navigasi berkendara dengan mobil. Tapi "lite navigation" akan memberikan instruksi tentang rute yang bisa dilewati cyclist tanpa mereka perlu membuka ponselnya.

Sebagai gantinya, akan muncul bar notifikasi plus panduan suara yang akan memandu cyclist di sepanjang rute tersebut. Di notifikasi itu muncul informasi jarak dan estimasi waktu tempuh (ETA). Jadi, cyclist tak perlu membuka kunci ponselnya untuk mendapatkan panduan rute.

Sama seperti navigasi normal di Google Maps, fitur "lite navigation" juga akan menunjukkan rute dan perkiraan waktu kedatangan. Tapi ada informasi navigasi tambahan lainnya, yakni perubahan ketinggian di sepanjang rute.

Google belum memastikan kapan fitur ini akan mulai bisa dipakai para pengguna di seluruh dunia. Yang pasti, fitur itu hadir di Google Maps untuk iPhone maupun Android.

Kehadiran "lite navigation" merupakan bagian dari program baru Google untuk mendorong gaya hidup yang lebih hijau. Sebelumnya di AS, Google Maps sudah menerapkan fitur yang bisa mengarahkan pengemudi ke rute memilih rute terbaik berdasarkan efisiensi bahan bakar. Fitur itu bisa disesuaikan ketika pengguna lebih suka mengambil rute yang lebih cepat.(mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 59

 


COMMENTS