Il Lombardia 2020 menjadi balapan horor untuk Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep). Rider asal Belgia ini masuk jurang di tengah balapan. Membuatnya mengalami cedera parah dan mengakhiri musim lebih cepat. Kini ia akan balapan lagi di Il Lombardia, akhir pekan ini.

Kecelakaan itu benar-benar mengerikan. Evenepoel menabrak dinding batu dan masuk ke jurang di turunan Muro di Sormano, sekitar 50 kilometer menjelang finis. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif.

BACA JUGA: Evenepoel Masuk Jurang, Fuglsang Juara Il Lombardia

Proses recovery-nya membutuhkan waktu lama. Evenepoel baru balapan lagi di Giro d'Italia 2021 pada akhir Mei lalu. Sekarang kondisinya sudah membaik. Evenepoel bahkan sudah tampil di 17 balapan musim ini. Ia baru saja menjuarai Coppa Bernocchi, Senin (4/10) kemarin.

Evenepoel siap kembali ke Il Lombardia, akhir pekan ini. Namanya masuk dalam skuad Deceuninck-QuickStep di lomba terakhir di WorldTour 2021 ini. Evenepoel akan mendampingi juara dunia 2021, Julian Alaphilippe.

"Saya ingin menghapus kenangan buruk dari tahun lalu. Kecelakaan itu mengambil banyak hal dari saya. Tetapi sekarang adalah waktu untuk melihat ke depan dan membalas dendam saya," katanya dilansir La Gazzetta dello Sport.

Kemenangan di Coppa Bernocchi membuatnya percaya diri. Evenepoel menjadi pembalap Belgia pertama yang memenangkan ajang ini sejak Rik Van Looy pada 1958. "Bersama Alaphilippe, saya berharap bisa memberikan tontonan menarik," tegasnya.

Il Lombardia 2021 akan disesaki para bintang. Selain Evenepoel dan Alaphilippe, bintang lain yang ambil bagian adalah Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Juara Tour de France 2021, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) juga turun di balapan ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 58

Foto: Yencer Barona


COMMENTS