Ganna Pertahankan Gelar Juara Dunia ITT

Filippo Ganna benar-benar top. Pembalap asal Italia ini berhasil mempertahankan status juara dunia individual time trial (ITT). Top Ganna, julukannya, menjadi yang tercepat di UCI Road World Championships 2021, Minggu (19/9).

Sebagai juara bertahan, Ganna memang menjadi unggulan pertama. Namun, ada dua pembalap Belgia, Wout van Aert dan Remco Evenepoel yang siap merusak dominasinya. Apalagi UCI Road World Championships berlangsung di Flanders, Belgia.

Sayangnya, ambisi warga Belgia untuk melihat jagoannya berjaya, dibuyarkan oleh Ganna. Pembalap tim Ineos Grenadiers itu melesat bak roket di lomba ITT. Ganna mencatatkan waktu 47 menit 47 detik. Van Aert di posisi kedua dengan selisih enam detik. Evenepoel di tempat ketiga dengan gap 44 detik.

"Kondisi saya meningkat dalam seminggu terakhir setelah berlatih di ketinggian," ungkap Ganna setelah berhasil mempertahankan jersey pelangi.
Balapan ITT berlangsung di rute sepanjang 43,3 kilometer. Pembalap melaju dari Knokke-Heist menuju Bruges. Rute ini flat dan sangat panjang. Walaupun tampil tanpa cela, Ganna sempat khawatir performanya tak maksimal seperti di Kejuaraan Eropa beberapa waktu lalu.

"Saya sempat ragu apakah bisa turun di Kejuaraan Dunia dengan kaki terbaik. Pagi tadi, ketika bangun tidur, saya merasa dalam kondisi bagus dan bisa mempertahankan jersey ini. Saya berharap mempertahankannya lagi tahun depan." sebut pembalap 25 tahun ini.
Ini adalah kali kedua Ganna mengalahkan Van Aert di balapan ITT di Kejuaraan Dunia. Tahun lalu, Ganna juga memaksa rider Jumbo-Visma tersebut duduk di peringkat kedua. "Satu lagi medali perak di kejuaraan besar. Itu mengecewakan," ungkap Van Aert dilansir Cyclingnews.

Memang, gelar juara dunia ITT bukan target utamanya di Flanders. Ia sangat berhasrat untuk merebut jersey pelangi di nomor road race. "Saya tidak membuat kesalahan. Saya dikalahkan oleh rider yang kuat. Seorang spesialis time trial murni. Jadi saya harus menerimanya," tutur Van Aert. (mainsepeda)

Hasil Men Elite Individual Time Trial (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia) 47 menit 47 detik
2. Wout van Aert (Belgia) +6
3. Remco Evenepoel (Belgia) +44
4. Kasper Asgreen (Denmark) +46
5. Stefan Küng (Swiss) +1:07
6. Tony Martin (Jerman) +1:18
7. Stefan Bissegger (Swiss) +1:26
8. Ethan Hayter (Inggris) +1:27
9. Edoardo Affini (Italia) +1:49
10. Tadej Pogačar (Slovenia) +1:53

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 56

Foto: Bettini, Getty Images


COMMENTS