Roglic Hat-trick Juara La Vuelta a Espana

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) mempertahankan kuasanya di Spanyol. Pembalap asal Slovenia tersebut juara La Vuelta a Espana untuk kali ketiga secara beruntun. Gelar ini kian sempurna karena ia memenangi balapan time trial di Etape 21 di Santiago de Compostela.

Tahapan pemungkas ini berlangsung di rute sepanjang 33,8 kilometer. Para pembalap start dari Padrón menuju Santiago de Compostela. Peraih medali emas di Olimpiade Tokyo itu tampil sempurna dalam lomba yang tuntas pada Senin (6/9) dini hari waktu Indonesia.
Pembalap 31 tahun ini melibas medan sepanjang 33,8 kilometer dengan catatan waktu 44 menit 2 detik. Posisi kedua ditempati Magnus Cort (EF Education-Nippo) dengan selisih 14 detik. Sementara tempat ketiga menjadi milik Thymen Arensman (Team DSM) dengan gap 52 detik.

"Ini sulit dipercaya. Ini gila. Kadang menang banyak, kadang menang tipis. Tapi selama saya bisa menang, itu sangat bagus," kata Roglic seusai lomba. "Ini adalah hari yang indah dan tiga minggu yang indah. Saya sangat bahagia untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar saya," imbuhnya.
Hasil Etape 21 membuatnya menyapu bersih balapan time trial di Vuelta a Espana 2021. Sebelumnya Roglic juga menjadi yang tercepat di lomba time trial di Etape 1. Secara keseluruhan, Roglic mendapat empat kemenangan di Spanyol musim ini.

Pencapaian ini memuluskan ambisi Roglic untuk meraih kemenangan ketiga beruntun di event balap terbesar di Spanyol itu. Roglic memuncaki klasemen overall dengan selisih 4 menit 42 detik dari Enric Mas (Movistar). Tempat ketiga dihuni Jack Haig (Bahrain Victorious) dengan gap 7 menit 40 detik.
Kini Roglic menjadi menjadi pembalap keempat yang memenangi tiga Vuelta a Espana setelah Tony Rominger, Roberto Heras, dan Alberto Contador. "Saya tidak fokus pada angka dan statistik tapi saya merasa terhormat berada di tempat itu," imbuh runner-up Tour de France 2020 ini.

Sebenarnya, tim-tim pesaing sudah mempersiapkan strategi untuk menjatuhkan Roglic dari singgasananya di Spanyol. Ineos Grenadiers, misalnya. Mereka menurunkan Egan Bernal. Sayang juara Giro d'Italia 2021 ini gagal bersaing dengan Roglic. Bernal finis keenam di klasemen overall.

Pun demikian dengan Movistar. Skuad biru langit memainkan tiga leader sekaligus: Alejandro Valverde, Enric Mas, dan Miguel Angel Lopez. Sayang strategi mereka tak berjalan sesuai rencana. Valverde mengalami kecelakaan di Etape 7. Sedangkan Lopez ngambek lalu mundur di Etape 20. Mas tidak cukup mumpuni untuk bersaing dengan Roglic.

"Ketika saya melihat kembali tiga Vuelta terakhir, ini adalah edisi pertama di mana kami memiliki segalanya di bawah kendali seluruh balapan," sebut Grischa Niermann, Directeur Sportif Jumbo Visma. (mainsepeda)

Hasil Etape 21 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 44 menit 2 detik
2. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo +14
3. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +52
4. Josef Cerny (Republik Ceko), Deceuninck-QuickStep +1:16
5. Chad Haga (Amerika Serikat), Team DSM +1:43
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:49
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1:52
8. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +1:52
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:04
10. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +2:06

Final General Classification (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 83 jam 55 menit 29 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +4:42
3. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +7:40
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +9:06
5. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +11:33
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +13:27
7. David de la Cruz (Spanyol), UAE Team Emirates +18:33
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +18:55
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +20:27
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +22:22

Points Classification
Fabio Jakobsen (Deceuninck-QuickStep)

Mountains Classification
Michael Storer (Team DSM)

Young Riders Classification
Gino Mäder (Bahrain Victorious)

Teams Classification
Bahrain Victorious

Combativity Award
Magnus Cort (EF Education–Nippo)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 54

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS