Batal Pensiun, Valverde Bertahan Setahun Lagi

Alejandro Valverde (Movistar) mengurungkan niatnya untuk pensiun pada akhir musim ini. Pembalap veteran asal Spanyol tersebut mengonfirmasi bahwa ia akan melanjutkan kiprahnya di peloton WorldTour pada musim 2022.

Valverde sebenarnya sudah mengumumkan untuk pensiun di akhir musim ini pada Januari lalu. Rider 41 tahun ini merasa kariernya sebagai pembalap profesional sudah mendekati akhir. Tim Movistar bahkan sudah mempersiapkan posisi khusus untuk Valverde.

"Bergabung di organisasi Movistar setelah pensiun membuat saya bersemangat. Saya ingin berkontribusi di lembaga ini dari posisi apa pun," katanya dilansir EuropaPress pada Januari lalu.

Akan tetapi, Valverde kemudian mengubah haluannya menjelang berakhirnya musim 2021. El Bala, julukannya, memutuskan untuk menunda keputusan pensiun sebagai pembalap profesional. Valverde bakal melanjutkan aksinya musim depan.

"Saya akan lanjut balapan pada 2022. Saya memiliki kekuatan dan motivasi untuk membantu atau memperjuangkan kemenangan," ucap Valverde kepada Eurosport belum alam ini.

Pengumuman ini datang dua minggu setelah pembalap berusia 41 tahun itu tersingkir dari La Vuelta a Espana 2021. Valverde terpaksa berhenti di Etape 7. Ia terperosok ke dalam jurang di sebuah tikungan di sisa 43,1 kilometer.

Beruntung ia tidak terperosok terlalu dalam. Valverde berhasil memanjat ke atas dan mendapatkan perawatan dari tim medis. Ia dilaporkan mengalami patah tulang selangka dan tulang rusuk. Valverde langsung naik ke meja operasi. Dalam waktu sekejab, ia sudah latihan lagi.

"Pemulihan saya berjalan dengan baik. Meski tulang rusuknya masih mengganggu saya. Pada prinsipnya saya kembali ke Sisilia. Saya sedang memikirkan untuk membalap di Il Lombardia," ungkap Valverde. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 54

Foto: Getty Images


COMMENTS