Valverde Crash, Storer Menang, Roglic Masih Merah

Kabar buruk untuk Movistar. Alejandro Valverde, satu dari trisula leader mereka di La Vuelta a Espana 2021, tumbang di Etape 7. Valverde mengalami kecelakaan dan harus meninggalkan balapan. Selain Valverde, Hugh Carthy (EF Education–Nippo) yang menghuni peringkat ketiga musim lalu, juga out dari balapan.

Etape 7 dimulai dari Gandía menuju Balcón de Alicante. Total jaraknya 152 kilometer. Ada banyak tantangan di tahapan ini. Peloton harus melalui dua tanjakan Kategori 1, dua Kategori 2, dan dua Kategori 3. Balcón de Alicante, yang menjadi titik finis, adalah tanjakan sepanjang 8,4 kilometer dengan gradien 6,4 persen.

Lomba dikuasai oleh grup besar berisi sekitar 30 pembalap. Sepp Kuss (Jumbo-Visma), Romain Bardet (Team DSM), dan Jack Haig (Bahrain Victorious) termasuk di antaranya. Kelompok ini mendominasi sejak 55 kilometer setelah start.

Ketika memasuki pertengahan Etape 7, muncul kabar dari tim EF Education–Nippo bahwa Carthy meninggalkan lomba. Belum diketahui apakah rider asal Inggris itu mengalami sakit atau cedera. Tetapi, pria asal Inggris itu tertinggal hampir tiga menit di Etape 6.
Tak lama kemudian, giliran Valverde yang harus meninggalkan balapan. Veteran asal Spanyol ini terperosok ke jurang dalam sebuah tikungan di sisa 43,1 kilometer. Beruntung ia tidak jatuh terlalu dalam. Valverde berhasil memanjat ke atas dan mendapatkan perawatan dari tim medis.

Sayang, perjalannya di Vuelta a Espana 2021 resmi berakhir. Padahal ia menempati urutan keempat di General Classification (GC) di akhir Etape 6. Valverde dilaporkan mengalami patah tulang selangka. Ia tampak sangat terpukul atas insiden ini dan menangis di pelukan staf tim Movistar.

Kelompok breakaway mulai pecah menjelang tanjakan terakhir di Balcón de Alicante. Carlos Verona (Movistar), Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers), Michael Storer (Team DSM), dan Andreas Kron (Lotto Soudal) memimpin di depan, kurang dari lima kilometer menjelang finis.
Storer berhasil mengakhiri perjuangannya dengan kemenangan. Rider asal Australia ini menuntaskan Etape 7 dengan catatan waktu 4 jam 10 menit 13 detik. Verona di posisi kedua dengan selisih 21 detik. Sedangkan Sivakov finis ketiga dengan gap 59 detik.

"Saya tidak menyangka bisa memenangkan etape ini. Memang kondisi saya bagus dan saya hanya harus mencoba. Tetapi saya sangat senang dan terkejut karena berhasil melakukannya di etape yang sangat sulit ini," aku pembalap 24 tahun ini.
Victory di Etape 7 menjadi pencapaian terbesar pembalap kelahiran Perth itu. Ini adalah kemenangan pertama Storer di GrandTour. "Sebagai tim, kami akan mencari lebih banyak peluang. Kami tidak akan berpuas diri. Kami akan terus mencoba setiap hari," tegasnya.

Kecelakaan Valverde membuat namanya hilang dari sepuluh besar GC. Sedangkan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang finis di posisi 16 di Etape 7, tetap bertenger di puncak GC. Pembalap Slovenia itu buntuti Felix Grossschartner (Bora-Hansgrohe) dan Enric Mas (Movistar).

"Bagi saya, ini adalah hari yang berat. Sangat panas dan kami sudah habis-habisan pada pendakian pertama," kata Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Michael Storer (Australia), Team DSM 4 jam 10 menit 13 detik
2. Carlos Verona (Spanyol), Movistar +21
3. Pavel Sivakov (Rusia), Ineos Grenadiers +59
4. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +1:16
5. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +1:24
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:32
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1:32
8. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal +1:37
9. Steff Cras (Belgia), Lotto Soudal +2:17
10. Jan Polanc (Slovenia), UAE Team Emirates +2:29

General Classification usai 7 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 25 jam 18 menit 35 detik
2. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +8
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +25
4. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +36
5. Jan Polanc (Slovenia), UAE Team Emirates +38
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +41
7. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +57
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +59
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +1:06
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:22

Foto: AFP, Getty Images


COMMENTS