Rebut Emas Berkat Backflip 360
by - August 01, 2021
Rebut Emas Berkat Backflip 360
by MainSepeda - August 01, 2021

BMX freestyle menjadi disiplin anyar yang mulai dipertandingkan di Olimpiade Tokyo. Dilangsungkan di Ariake Urban Sports Park, nomor ini diikuti masing-masing sembilan peserta dari kelompok putra dan putri.

Kelompok putri start terlebih dahulu. Unggulan keempat, Charlotte Worthington asal Britania Raya (Team GB) tampil fantastis. Dia memang sempat tertinggal dari Hannah Roberts, juara dunia tiga kali asal Amerika Serikat, dalam percobaan pertama. Tapi dia membalas di percobaan kedua. Sebuah backflip 360 membuatnya meraih emas di nomor ini.

"Saya seperti berada di bulan," katanya dilansir Cyclingnews. Dia mengaku bangga karena menjadi peraih emas pertama dari nomor BMX freestyle di Olimpiade. "Saya telah memikirkan hari ini selama tiga atau empat tahun terakhir. Kini rasanya seperti mimpi," ungkap Worthington.

Sebenarnya, Worthington sempat terjatuh saat mencoba melakukan backflip diikuti dengan backflip 360 di run pertama. Trik ini memang tidak terlihat sebelumnya di kompetisi wanita.
Dara 25 tahun ini tak menyerah. Dia mengulanginya di percobaan kedua. Dia juga menambahkan flip depan di penghujung aksinya. Semua berjalan sempurna. Worthington meraih nilai tertinggi, 97.5. Dia mengungguli Roberts dan Nikita Ducarroz (Swiss).

Dari kelompok putra, medali emas berhasil diboyong wakil Australia, Logan Martin. Juara dunia 2021 tersebut tampil tanpa cela di percobaan pertama. Ia langsung mendulang nilai tertinggi, yakni 93.3.

Angka itu gagal dijangkau unggulan ketiga, Daniel Dhers. Veteran Venezuela ini harus puas dengan medali perak. Sementara Declan Brooks dari Team GB menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu.

"Percobaan pertama saya sebenarnya aksi yang aman. Saya hanya melakukan yang saya tahu dan yang saya bisa berikan. Membuat aksi itu bersih, tetap konsisten, dan itu benar-benar terbayar lunas," jelasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: British Cycling


COMMENTS