Kimmann dan Shriever Meraih Emas di BMX Racing
by - July 30, 2021
Kimmann dan Shriever Meraih Emas di BMX Racing
by MainSepeda - July 30, 2021

Setelah sempat terjatuh di sesi latihan dan mengalami cedera, Niek Kimmann (Belanda) mendapatkan medali emas di nomor BMX racing putra. Sementara medali emas di kelompok putri disebut Beth Shriever dari Britania Raya (Team GB).

Kimmann sempat menjadi tajuk di pelbagai media setelah terjatuh di sesi latihan. Rider 25 tahun itu menabrak seorang offisial yang hendak menyeberang ketika pembalap tengah melaju di lintasan. Ia dilaporkan mengalami cedera akibat insiden itu.

Beberapa hari berselang, Kimmann tampil istimewa di balapan BMX. Ia menjadi yang terbaik di Heat 1 babak perempat final dan di Heat 1 fase semifinal. Kimmann memungkasinya dengan performa tanpa cela di partai final. Ia melibas sirkuit Ariake Urban Sports Park dengan catatan waktu 39.053 detik.
Kye Whyte dari Team GB finis kedua dan berhak atas medali perak. Sementara medali perunggu disabet Carlos Ramírez dari Kolombia. "Setelah tabrakan itu, saya sempat berpikir mimpi ini sudah berakhir," ungkap Kimmann kepada Nederlandse Omroep Stichting (NOS).

"Saya sangat lelah setelah beberapa hari terakhir, sehingga saya pikir saya akan disalip. Saya melewati batas dan saya masih tidak mengerti bagaimana kemenangan ini bisa terjadi. Medali emas untuk Belanda. Sebab ini adalah mimpi kami bersama," tegasnya.
Sementara itu, medali emas di nomor BMX racing putri menjadi milik Beth Shriever. Pembalap 22 tahun tersebut menuntaskan lomba dengan catatan waktu 44.358. Dia mengalahkan Mariana Pajón asal Kolombia) dengan gap 0,09 detik. Medali perunggu direbut Merel Smulders (Belanda).

"Saya berusaha sekuat tenaga dihadiahi medali emas. Ini benar-benar mengejutkan. Saya tetap tenang hari ini dan membuatnya tetap sederhana. Ternyata itu berhasil," kata Shriever dilansir Cyclingnews.

Kemenangan Shriever. sekaligus memutus rentetan kemenangan Pajón di ajang Olimpiade. Sebelumnya, rider berjuluk Ratu BMX itu mendapatkan medali emas di Olimpiade London 2012 dan Rio 2016. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Cor Vos, Getty Images, UCI Media


COMMENTS