Tangis Comeback untuk Cavendish!

Keputusan Deceuninck-QuickStep mengirim Mark Cavendish ke Tour de France 2021 terbukti tepat. Sprinter asal Inggris menunjukkan kehebatannya dengan memenangkan Etape 4, Selasa (29/6). Ini adalah kemenangan ke-31 untuk pembalap 36 tahun itu. Cavendish butuh tiga kemenangan lagi untuk menyamai rekor Eddy Merckx.

The Cannibal, julukan Merckx masih tercatat sebagai pembalap terbaik di olahraga ini. Merckx memiliki lima gelar overall beserta 34 kemenangan etape di Tour de France. Nah, Cavendish berada di peringkat kedua dengan 31 kemenangan etape. Ia adalah pembalap aktif dengan kemenangan etape terbanyak di Tour de France 2021.
Cavendish menambah koleksi kemenangannya setelah menjadi yang tercepat di Etape 4. Ia mengungguli Nacer Bouhanni (Arkea-Samsic) dan Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) dalam adu sprint di Fougères. "Saya tidak tahu harus berkata apa," ucap Cavendish sesaat setelah finis.

"Kembali ke Tour de France saja sudah terasa cukup istimewa untuk saya. Sebab saya sebelumnya tidak berpikir untuk kembali lagi ke ajang ini," imbuh mantan pembalap Team Sky (sekarang Ineos Grenadiers) tersebut.
Keputusan Deceuninck-QuickStep untuk menyertakan Cavendish di Tour de France 2021 baru diumumkan pada 21 Juni lalu, kurang dari seminggu sebelum event ini dimulai. Cukup mengejutkan karena Deceuninck-QuickStep memiliki Sam Bennett yang meraih green jersey di Tour de France musim lalu.

Akan tetapi, cedera pembalap asal Irlandia itu menjadi berkah untuk Cavendish. Ditambah lagi ia memang tampil hebat sepanjang musim ini. Empat kemenangan etape di Tour of Turkey dan satu kemenangan di Tour of Belgium adalah bukti jika Cavendish sudah kembali ke bentuk terbaiknya.

"Ketika datang ke Deceuninck-QuickStep, saya berada di antara para pembalap terbaik di dunia. Jadi saya tidak pernah berpikir untuk balapan di Tour de France lagi. Tapi entah bagaimana saya merasa hoki. Setelah apa yang terjadi pada tahun sebelumnya, saya senang memiliki keberuntungan itu lagi," jabarnya.

Kemenangan ini membuat Cavendish tak kuasa menahan tangis. Maklum, ini adalah kemenangan pertamanya di Tour de France dalam lima tahun terakhir. Makin mengharukan karena Cavendish sempat absen di gelaran Tour de France musim 2019 dan 2020.

"Cav luar biasa. Saya sangat senang untuknya. Sangat bahagia untuk tim. Kami benar-benar percaya bahwa ia akan sukses di etape ini. Cav masih salah satu sprinter terbaik di dunia dan ia menunjukkannya lagi di etape ini," bilang Julian Alaphilippe, juara dunia 2020 sekaligus rekan Cavendish di Deceuninck-QuickStep.

Bukan hanya rekan setimnya saja yang senang, staf Deceuninck-QuickStep juga bahagia dengan pencapaian Cavendish. "Kami memiliki lebih dari 100 kemenangan di Grand Tour. Tapi saya tidak pernah melihat seluruh staf menangis. Saya pikir mereka menangis karena semua orang meluapkan emosinya," ungkap Patrick Lefevere, bos tim asal Belgia itu.
Kemenangan di Etape 4 membuat Cavendish memuncaki Point Classification dengan koleksi 89 poin. Unggul tujuh angka dari Alaphilippe (82 poin). Cavendish berhak mengenakan jersey hijau saat start di Etape 5, Rabu (30/6) nanti.

Sementara itu, hasil di Etape 4 tidak banyak mengubah komposisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) masih di puncak GC dengan Alaphilippe berada tepat di belakangnya. Mereka hanya terpaut delapan detik. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Mark Cavendish (Inggris), Deceuninck-QuickStep 3 jam 20 menit 17 detik
2. Nacer Bouhanni (Prancis), Arkea-Samsic +0
3. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
4. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
5. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
6. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0
7. Christophe Laporte (Prancis), Cofidis +0
8. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
9. Boy van Poppel (Belanda), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
10. André Greipel (Jerman), Israel Start-up Nation +0

General Classification usai 4 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 16 jam 19 menit 10 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +8
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +31
4. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +31
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +38
6. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +39
7. Enric Mas (Spanyol), Movistar +40
8. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +40
9. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +45
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +52

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS