Froome Menjadi Tim Sukses Woods di Tour de France

Chris Froome kembali ke Tour de France 2021 bukan sebagai penantang juara. Pembalap asal Wales ini menjadi road captain untuk tim Israel Start-Up Nation (ISN). Froome akan tampil ngotot agar Michael Woods bersaing di perebutan yellow jersey.

Froome melewatkan dua edisi Tour de France terakhir. Namanya tak tampil pada 2019 karena baru saja crash di Critérium du Dauphiné. Sedangkan pada 2020, Froome dicoret dari skuad Ineos Grenadiers. Posisinya digantikan Richard Carapaz.

Harapannya untuk tampil di Tour de France terwujud bersama ISN. Pembalap dengan bayaran termahal di dunia tersebut bertugas sebagai road captain. Kemudian Woods akan bersaing di General Classification (GC). Lalu Dan Martin dan sprinter André Greipel bertugas mengambil kemenangan etape.

"Ini akan menjadi pengalaman yang fantastis bagi saya," kata Froome. "Sudah hampir satu dekade sejak saya berada di Tour dalam peran seperti ini. Di mana saya tidak berpikir untuk mencoba meraih target pribadi, tetapi mendukung tim sebaik mungkin," bilang Froome.

Froome memang bermimpi untuk meraih setidaknya satu kemenangan etape. Namun jika melihat kondisinya saat ini, target itu mustahil tercapai. Oleh sebab itu, Froome akan fokus menjalankan tugas sebagai pemeran pendukung di ISN.

"Target pertama adalah menjaga Woodsy dan menjauhkannya dari masalah. Anda bisa berharap melihat saya mengambil beberapa botol selama beberapa minggu ke depan," imbuhnya.

Froome sependapat dengan direktur timnya Rik Verbrugghe, yang mengatakan bahwa Tour de France bisa berfungsi semacam latihan untuk sang superstar. Froome berharap penampilan di Prancis bisa membantunya membuat langkah selanjutnya dalam pemulihannya. .

"Saya akan mencoba menyerap sebanyak yang saya bisa dalam hal balapan yang saya lewatkan selama beberapa tahun terakhir. Setidaknya dengan berada di sana, saya dapat menggunakannya untuk mengangkat saya menjadi lebih dekat ke tempat yang saya butuhkan," tegas Froome. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo


COMMENTS