Setelah Dua Musim Absen, Froome Tampil di Tour de France lagi
by - June 16, 2021

Welcome back, Chris Froome. Pembalap asal Wales ini akan bertarung di Tour de France 2021 setelah dua musim absen. Froome didapuk sebagai road captain tim Israel Start-Up Nation (ISN). Sedangkan Michael Woods bakal bersaing di klasemen overall.

Froome tidak mentas di Tour de France selama dua tahun beruntun. Ia gagal tampil pada musim 2019 karena kecelakaan horor di Critérium du Dauphiné. Froome sebenarnya sudah balapan lagi sejak 2020. Namun ia dicoret dalam daftar pembalap Ineos Grenadiers di balapan paling akbar di dunia tersebut.

"Setelah dua tahun meninggalkan Tour de France, saya tidak sabar untuk kembali. Ini adalah perjalanan yang sulit sejak kecelakaan saya di Critérium du Dauphiné 2019. Tapi ini adalah salah satu motivasi terbesar saya," kata Froome dalam pernyataan resmi tim ISN, Selasa (15/6) malam.

Keikutsertaan Froome di Tour de France 2021 sempat buram. Pasalnya, performanya belum mengesankan dalam lima lomba yang diikuti sepanjang musim ini. Hasil terbaiknya adalah finis kedelapan di mountains classification di Tour of the Alps. Pada akhirnya Froome tetap disertakan untuk lomba tiga pekan di Prancis.

"Saya telah bekerja tanpa lelah hingga mencapai tempat saya sekarang. Meskipun ambisi saya tahun ini bukan sebagai pemimpin, saya berharap dapat menambah pengalaman dan dukungan saya kepada tim sebaik mungkin sebagai road captain," bilang Froome.

"Tim kami memiliki penantang kuat dalam diri Michael Woods. Saya berharap dapat memberikan segalanya untuknya dan tim dalam pertempuran ke Paris," bilang pembalap 36 tahun tersebut.

Froome mengakui bahwa performa dan kebugarannya saat ini belum mencapai level untuk bertarung merebut gelar Tour de France kelima. Akan tetapi, ia berharap pengalaman selama delapan kali balapan di Prancis bisa memberi efek positif ke tim.

"Chris akan menjadi kapten kami di Tour de France tahun ini. Sebagai pemilik empat gelar di ajang ini, nilai pengalamannya tidak bisa diremehkan. Ini akan sangat berguna bagi tim selama balapan," kata manajer ISN Rik Verbrugghe. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 45

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS