Kemenangan Spesial Bissegger di Kandang Sendiri

Jagoan tuan rumah naik podium di Etape 4 Tour de Suisse 2021, Rabu (9/6). Setelah dua hari berturut-turut dikuasai oleh Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix), kali ini Stefan Bissegger (EF Education-Nippo) berhasil menjadi yang tercepat.

Sebelum tahapan ini dimulai, pihak penyelenggara mengumumkan bahwa seluruh pembalap Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux (IWG) harus angat kaki dari lomba. Penyebabnya adalah terdapat salah satu member tim yang dinyatakan positif Covid-19 dalam tes swab PCS pada Selasa (8/6) pagi waktu setempat.

Lomba yang berlangsung di rute sepanjang 171 kilometer itu dibuka dengan tiga upaya breakaway yang berhasil digagalkan peloton. Membuat seluruh pembalap terus bersama hingga 75 kilometer pertama. Selepas itu ada tiga nama yang berusaha melepaskan diri dari rombongan besar.

Ketiga pembalap itu, yakni Benjamin Thomas (Groupama-FDJ), Joey Rosskopf (Rally Cycling), dan Joel Suter (Tim Nasional Swiss) melesat bersama sejak 94 kilometer menuju finis. Selang 15 kilometer, Stefan Bissegger berhasil menyusul dan bergabung dengan ketiga pembalap itu. Mereka berhasil melaju dan tak terkejar peloton.

Ketika, Suter mulai terisolasi dari grup terdepan, Thomas, Bissegger, dan Rosskopf bersaing ketat saat nanjak di Saanenmöser. Ketiganya terus bersama hingga kilometer pemungkas. Dalam adu sprint di Gstaad itu, Bissegger sukses finis pertama dengan catatan waktu 3 jam 46 menit 21 detik.

Thomas di posisi kedua dan Rosskopf finis ketiga. Sementara Suter finis keempat dengan gap 23 detik. "Akhirnya saya bisa memenangkan etape di Tour de Suisse. Saya sangat senang dengan kemenangan ini," bilang Bissegger seusai lomba.

Ini adalah victory kedua bagi Bissegger. Sebelumnya, pembalap 22 tahun ini memenangkan balapan time trial di Etape 3 Paris-Nice 2021. Secara keseluruhan, ini merupakan kemenangan keempat bagi skuad EF Education-Nippo sepanjang musim ini.

"Saya akan mengatakan jika kemenangan ini lebih bagus. Ini adalah etape roadrace yang normal. Biasanya saya memenangkan lomba time trial. Kedua kemenangan ini memang bagus. Tapi menang di Swiss mungkin sedikit lebih bermakna bagi saya," imbuh mantan anggota tim Swiss Racing Academy itu.

Hasil Etape 4 Tour de Suisse 2021 tidak banyak mengubah struktur pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Van der Poel bertengger di puncak denan selisih satu detik dari Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep). Sedangkan Bissegger melesat ke posisi sepuluh. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de Suisse 2021 (Top Ten)
1. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-Nippo 3 jam 46 menit 21 detik
2. Benjamin Thomas (Prancis), Groupama-FDJ +0
3. Joey Rosskopf (Amerika Serikat), Rally Cycling +0
4. Joel Suter (Swiss) Tim Nasional Swiss +23
5. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +5:16
6. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +5:16
7. Omar Fraile (Spanyol), Astana-Premier Tech +5:16
8. Mike Teunissen (Belanda), Jumbo-Visma +5:16
9. Fred Wright (Inggris). Bahrain Victorious +5:16
10. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +5:16

General Classification usai 4 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 12 jam 40 menit 51 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +1
3. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +4
4. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +6
5. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +13
6. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +16
7. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +17
8. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +29
9. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal +37
10. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-Nippo +38

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 45

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS