Van der Poel Menang Lagi dan Rebut Yellow Jersey

Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) memang luar biasa. Pembalap asal Belanda ini kembali naik podium di Etape 3 Tour de Suisse 2021, Selasa (8/6). Tak sekadar menang, Van der Poel juga melesat ke puncak General Classification (GC). Membuatnya berhak menyandang yellow jersey.

Tahapan ketiga ini menyuguhkan rute sepanjang 182,1 kilometer. Lomba dimulai dari Lachen menuju Pfaffnau. Tak ada hambatan berarti selain dua tanjakan Kategori 3 di Bottenwilerstrasse dan Ohmstalerstrasse.

Balapan dibuka dengan aksi breakaway tiga pembalap, yakni Rémy Rochas (Cofidis), Claudio Imhof (tim nasional Swiss), dan Ben King (Rally Cycling). Berselang 20 kilometer, Mathias Frank (AG2R Citroën) berhasil menyusul tiga pembalap itu.

Peloton mulai bergejolak di sisa 25 kilometer. Van der Poel dan Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) mulai menyerang dan menghentak kesunyian di rombongan besar. Membuat keempat pembalap breakaway itu akhirnya takluk di sebelas kilometer pemungkas.

Selanjutnya giliran 6. Ivan Garcia Cortina (Movistar) yang berakselerasi solo di sisa sepuluh kilometer. Apa daya, eks pembalap Bahrain Victorious ini tidak mampu mempertahankan keunggulannya. Ia tertangkap peloton di kilometer pemungkas.

Kemudian tim-tim mulai menata kereta cepatnya. Menempatkan para pembalap unggulan di baris terdepan. Saat balapan tersisa 200 meter, Van der Poel mulai melesat ke finis. Christophe Laporte (Cofidis) dan Alaphilippe coba mengejar.

Akan tetapi, respons yang terlambat membuat dua rider asal Prancis ini tidak mampu menjangkau Van der Poel. Kemenangan di Etape 3 adalah kali kedua bagi sang juara dunia cyclocross itu di Tour de Suisse 2021. Sehari sebelumnya, rider 26 tahun ini menang di Etape 2.

"Saya menjalani hari yang baik, tetapi itu sangat sulit. Kami harus melakukan upaya besar dengan seluruh tim untuk memenangkan etape ini. Sekali lagi, mereka mengesankan hari ini. Saya bangga dengan mereka," ucap Van der Poel seusai lomba.

Kemenangan keduanya di Tour de Suisse 2021 membawa Van der Poel memuncaki GC dan berhak mengenakan jersey kuning saat start di Etape 4, Rabu (8/6) besok. "Saya ingin mempertahankan jersey kuning ini selama mungkin. Tetapi di pegunungan, itu akan sulit," imbuhnya.

Etape 4 akan dimulai dari St. Urban menuju Gstaad. Total panjangnya 171 kilometer. Peloton akan mendaki di Saanenmöser Pass. Ini adalan tanjakan Kategori 2 sepanjang 7,5 kilometer dengan gradien 4,4 persen. (mainsepeda) 

Hasil Etape 3 Tour de Suisse 2021 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 24 menit 26 detik
2. Christophe Laporte (Prancis), Cofidis +0
3. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +0
4. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
5. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
6. Alexander Kamp (Denmark), Trek-Segafredo +0
7. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +0
8. Omar Fraile Matarranz (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
9. Anthony Turgis (Prancis), Total Direct Energie +0
10. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +0

General Classification usai 3 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 8 jam 49 menit 14 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +1
3. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +4
4. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +6
5. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +13
6. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +16
7. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +17
8. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +29
9. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal +37
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS