Colbrelli Menang, Pedersen Crash, Pöstlberger Tetap Kuning

Kisah pembalap breakaway yang memenangkan etape Criterium du Dauphine 2021 telah berakhir. Kali ini peloton tidak memberi kesempatan mereka untuk naik podium di Etape 3. Sonny Colbrelli (Bahrain Victorious) memenangkan tahapan ini pada Selasa (1/6) malam.

Etape ini menyajikan balapan sejauh 172,2 kilometer dari Langeac menuju Saint-Haon-Le-Vieux. Ketika bendera start baru dikibarkan, dua pembalap langsung melarikan diri dari rombongan. Mereka adalah Omer Goldstein dari Israel Start-Up Nation (ISN) dan Loïc Vliegen asan tim Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux (IWG).

Pedersen dan Buitrago mengalami kecelakaan di awal balapan

Sebelum peloton menanjak di Côte d'Allègre, terjadi kecelakaan yang melibatkan dua pembalap, yakni Santiago Buitrago (Bahrain Victorious) dan Mads Pedersen (Trek-Segafredo). Buitrago bisa melanjutkan balapan hingga finis di Saint-Haon-Le-Vieux.

Namun tidak demikian dengan Pedersen. Juara dunia road 2019 tersebut harus keluar dari Criterium du Dauphine 2021. "Pedersen kembali berdiri dengan cepat setelah kecelakaan. Akan tetapi, keputusan dibuat baginya untuk berhenti balapan," terang Trek-Segafredo dalam keterangan resminya.

Goldstein dan Vliegen melakukan breakaway sejak awal balapan

Sementara Goldstein dan Vliegen. Mereka menjadi yang pertama yang melalui Col des Limites. Ini merupakan tanjakan Kategori 3 sepanjang 3,6 kilometer dengan gradien 5,4 persen. Pelarian Goldstein akhirnya terhenti di sisa 28 kilometer. Enam kilometer berikutnya, giliran Vliegen yang ditangkap peloton.

Setelah itu seluruh pembalap tergabung di satu grup besar hingga kilometer pemungkas. Mereka mulai beradu cepat di sisa 300 meter. Alex Aranburu (Astana-Premier Tech) melakukan manuver dengan Colbrelli berada tepat di belakangnya.

Colbrelli berhasil menyalip Aranburu di sisa 100 meter, lalu mempertahankan posisinya hingga memasuki finish line. Pembalap 31 tahun itu menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 3 jam 56 menit 36 detik. Aranburu di posisi kedua, dan Brandon McNulty (UAE Team Emirates) di tempat ketiga.

Ini merupakan kemenangan kedua Colbrelli dalam tempo sebulan. Sebelumnya, sprinter asal Italia ini menang di Etape 2 Tour de Romandie 2021. Ia juga memuncaki Points Classification di ajang tersebut. "Setelah dua kali beruntun jadi runner up, saya benar-benar ingin meraih kemenangan yang indah ini," katanya.

Akan tetapi, victory di Etape 3 belum cukup untuk membawa Colbrelli ke puncak General Classification (GC) dan mengambil alih jersey kuning. Colbrelli terpaut dua detik di belakang pemuncak GC, Lukas Pöstlberger (Bora-Hansgrohe). Rider asal Austria itu finis ke-23 di Etape 3. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Criterium du Dauphine 2021 (Top Ten)
1. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious 3 jam 56 menit 36 detik
2. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
3. Brandon McNulty (Amerika), UAE Team Emirates +0
4. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
6. Clement Venturini (Prancis), AG2R Citroën +0
7. Carlos Barbero (Spanyol), Qhubeka Assos +0
8. Clément Russo (Prancis), Arkea-Samsic +0
9. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +0
10. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0

General Classification usai 3 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Lukas Pöstlberger (Austria), Bora-Hansgrohe 12 jam 35 menit 8 detik
2. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +2 detik
3. Alex Aranburu (Spa) Astana-Premier Tech +18
4. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +20
5. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +23
6. Quentin Pacher (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +24
7. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +24
8. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +24
9. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +24
10. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +24

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS